Kamis 07 Nov 2019 05:15 WIB

Amartha Targetkan Pembiayaan Naik Dua Kali Lipat pada 2020

Amartha berencana memperluas jangkauan layanan ke berbagai lokasi pelosok.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Chief Risk and Sustainability Officer Amartha Aria Widyanto menjelaskan kinerja PT Amartha Mikro Fintek sepanjang tahun ini, di Jakarta, Rabu, (6/11).
Foto: Republika/Iit Septyaningsih
Chief Risk and Sustainability Officer Amartha Aria Widyanto menjelaskan kinerja PT Amartha Mikro Fintek sepanjang tahun ini, di Jakarta, Rabu, (6/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Amartha Mikro Fintek optimis kinerja tahun depan akan lebih baik. Perusahaan financial technology (fintech) peer to peer lending itu menargetkan penyaluran pembiayaan bisa mencapai dua kali lipat pada 2020.

"Tahun depan bagus, sekarang kan pembiayaan yang kita cairkan sudah Rp 1,5 triliun. Semoga nantinya bisa sampai Rp 3 triliun," ujar Chief Risk and Sustainability Officer Amartha Aria Widyanto kepada wartawan di Jakarta, Rabu, (6/11).

Baca Juga

Jumlah nasabah Amartha pun, kata dia, diharapkan bisa naik dua kali lipat. Dari 300 ribu lebih saat ini menjadi sekitar 600 ribu tahun depan.

"Sebenarnya goals Amartha yaitu bisa jangkau satu juta orang (nasabah) secepatnya, atau dalam dua sampai tiga tahun. Kalau setiap tahun menembus 300-an ribu, tahun depan bisa 600-an ribu, terus berikutnya bisa sejuta," tutur Aria.

Ia menjelaskan, saat ini perusahaan masih fokus pada segmen usaha mikro di beragam sektor. Sebanyak 60 persen pembiayaan Amartha disalurkan ke sektor perdagangan, sisanya ke sektor rumah tangga, pertanian, dan lainnya.

Pada 2020, Aria menyatakan, Amartha berencana memperluas jangkauan layanan ke berbagai lokasi pelosok. Terutama yang terletak di Pulau Jawa, Bali, serta Sulawesi.

Dirinya menambahkan, perusahaan belum akan menyasar Kalimantan, meski pemerintah sudah mengumumkan, ibu kota negara nantinya dipindah ke pulau tersebut. "Belum ada patoknya, kami tunggu patoknya dipasang dulu," kata Aria sambil tertawa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement