Kamis 31 Oct 2019 03:20 WIB

Taspen Kembangkan Inovasi untuk Mudahkan ASN dan Pensiunan

Salah satu inovasi yang telah dilakukan adalah otentikasi digital.

Petugas PT Taspen (Persero) cabang Banda Aceh memperlihatkan aplikasi Otentikasi dari telepon genggam (Android) untuk para pensiunan di Banda Aceh, Aceh, Selasa (2/7/2019).
Foto: Antara/Irwansyah Putra
Petugas PT Taspen (Persero) cabang Banda Aceh memperlihatkan aplikasi Otentikasi dari telepon genggam (Android) untuk para pensiunan di Banda Aceh, Aceh, Selasa (2/7/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan BUMN PT Taspen (Persero) menyatakan bakal terus mengembangkan inovasi untuk melayani aparatur sipil negara (ASN) dan pensiunan. Inovasi dikembangkan untuk memudahkan peserta dalam mengurus berbagai dokumen.

 

"Kami memiliki 57 cabang yang tersebar di seluruh daerah Indonesia, sehingga bisa mendekatkan kepada seluruh peserta agar mudah untuk mengurus berbagai keperluan," kata Direktur Operasional Taspen Ermanza di Jakarta, Rabu, saat acara peresmian gedung Taspen Kantor Cabang Jakarta Selatan, Rabu (30/10).

 

Sejumlah inovasi layanan Taspen dalam beberapa tahun terakhir antara lain Smartcard atau kartu pintar, otentikasi digital, aplikasi TASPEN Mobile 2.0, dan Wirausaha Pintar.

 

Dia mengatakan, inovasi penting untuk memudahkan pensiunan dalam mengurus berbagai administrasi. ia mencontohkan, pensiunan ASN di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, untuk mengurus dokumen kepegawaian atau pensiunan, tidak lagi harus datang secara ke kota, tapi bisa mengurus secara dari dari tempat tinggalnya.

 

Demikian juga proses pembayaran pensiunan, katanya, saat ini membutuhkan waktu tak lebih dari satu jam jika dilakukan di kantor Taspen.

 

"Kalau ada peserta yang mengurus keperluan di kantor Taspen lebih dari satu jam, maka akan ada kompensasi," kata Ermanza.

 

Untuk meningkatkan layanan bagi ASN dan pensiunan, Taspen juga sudah melakukan kerja sama dengan sejumlah perusahaan seperti Grab, Indihome, dan Perum Bulog. Dengan Indihome, misalnya, bentuk kerja sama yang dilakukan adalah memberikan potongan iuran bulanan 30 persen bagi ASN dan pensiunan.

 

Terkait peresmian kantor cabang, gedung baru Kantor Cabang Jakarta Selatan beralamat di Jl Ampera Raya No.10, Kelurahan Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kantor Cabang Jakarta Selatan berada di bawah koordinasi Kantor Cabang Utama Jakarta.

 

Wilayah Kerja Kantor Cabang Jakarta Selatan terdiri atas 10 kecamatan dan 65 kelurahan. Kemudian, mengelola Instansi vertikal setingkat kementerian sebanyak 11 Instansi dengan jumlah peserta 40.267 dan 3 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang berada di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan dengan jumlah peserta 34.327.

 

Kantor Cabang Jakarta Selatan juga melayani pensiunan sebanyak 33.643 orang dan bekerja sama dengan 18 mitra bayar dan 1 kantor pos.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement