Kamis 24 Oct 2019 22:35 WIB

Pertamina Tawarkan Rp 200 Juta Bantu Permodalan UMKM

Pertamina ingin mendukung UMKM untuk menggerakan roda perekonomian daerah.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Gita Amanda
Pertamina
Foto: borneomagazine.com
Pertamina

REPUBLIKA.CO.ID, PAINAN -- Pertamina Merketing Operation Region (MOR) 1 menawarkan bantuan modal usaha sebesar Rp 200 juta untuk masyarakat pelaku UMKM di Kabupaten Pesisir Selatan. Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I Roby Hervindo mengatakan Pertamina ingin mendukung pelaku UMKM di kabupaten tersebut untuk menggerakan roda perekonomian daerah.

"Kami hadir untuk mendukung pelaku UMKM lainnya di Pesisir Selatan, melalui Program Kemitraan Pertamina," kata Roby Hervindo,

Baca Juga

Roby menjelaskan, pihaknya menawarkan bantuan berupa pinjaman modal usaha sebesar maksimal 200 juta rupiah. Mekanismenya bantuan permodalan tersebut dapat dikembalikan hingga 36 bulan. Sejauh kat Roby, Pertamina telah menyalurkan senilai Rp 650 juta bagi masyarakat petani di Pesisir Selatan.

Pinjaman modal dari Pertamina ini hanya dikenakan bunga administrasi sangat ringan. Yakni tiga persen. Biaya administrasi ini tidak menjadi pendapatan bagi Pertamina. Biaya adminstrasi tersebut menurut Roby akan digunakan untuk pembimbingan dan pengembangan usaha mitra binaan Pertamina.

Roby menerangkan latar belakang pemberian bantuan modal dari Pertamina kepada masyarakat petani dan pelaku UMKM. Ia menyebut selama ini pamor kelapa sawit sebagai primadona, kini justru tengah meredup.

Kementerian Perdagangan mencatat  penurunan ekspor kelapa sawit pada 2018 dibanding 2017. Tak pelak, tujuh dari sepuluh negara tujuan ekspor mengalami penurunan. India sebagai pasar ekspor terbesar, malah anjlok paling signifikan.

Sementara di Kabupaten Pesisir Selatan perkebunan sawit baru mulai berkembang pesat sejak sepuluh tahun terakhir. Antara lain berlokasi di Kecamatan Pancung Soal, Basa Ampek Balai dan Lunang Silaut. Pertamina kata Roby melihat penurunan komoditi sawit menyebabkan sebagian petani di Pesisir Selatan mulai melirik tanaman lain. Di antaranya tanaman serai wangi atau citronella oil, dan tanaman perkebunan jenis lainnya.

Karena itulah, menurut Roby, Pertamina hadir untuk mendukung petani dan pelaku UMKM lainnya di Pesisir Selatan, melalui program Kemitraan Pertamina. “Kami harap dapat bekerja sama dengan pelaku UMKM di Pesisir Selatan. Sehingga Pertamina dapat meningkatkan sumbangsih dalam meningkatkan perekonomian Sumbar,” ucap Roby.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement