Kamis 17 Oct 2019 11:19 WIB

Trump Enggan Akhiri Perang Dagang Sebelum Bertemu Xi Jinping

AS dan China baru bersepakat menunda kenaikan tarif barang China ke AS

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nidia Zuraya
Bendera Cina-Amerika
Foto: washingtonote
Bendera Cina-Amerika

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump engan meneken kesepakatan damai atas perang dagang sebelum bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di forum kerja sama ekonomi Asia Psifik (APEC), di Cile, November ini.

Dilansir dari Reuters, Kamis (17/10), Trump menyebut bahwa kesepakatan perdagangan parsial yang diumumkan pekan lalu masih dalam proses formalisasi. Di mana Trump dan Wakil Perdana Menteri China Liu He mengumumkan tahap pertama kesepakatan untuk mengakhiri perang dagang.

Baca Juga

"Ini masih disiapkan," kata Trump.

Sayangnya, kesepakatan pada pekan lalu tak membeberkan detil yang diraih. Kesepakatan hanya dicapai terkait dengan penundaan kenaikan tarif barang China ke Amerika Serikat pada Oktober, di mana sebelumnya Amerika memasang tarif hingga 30 persen dari sebelumnya yang hanya 25 persen.

 

Selain itu, kesepakatan hanya membahas pembelian produk pertanian dari Amerika ke Cina sebesar 40-50 miliar dolar AS. Hanya saja, tarif yang berlaku saat ini tidak dipaparkan lebih jauh. Sebagai catatan, perang dagang antara kedua negara ini sudah berlangsung berlarut-larut dan menyebabkan ketidakseimbangan ekonomi gobal.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement