Selasa 15 Oct 2019 16:32 WIB

Kementan Jadikan Modoinding Sentra Bawang Putih

Total akan ada sedikitnya 425 hektare bawang putih di Minahasa Selatan.

Festival Kentang Modoinding VI diikuti ratusan peserta karnaval dari perwakilan Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM), perwakilan wilayah desa se-Modoinding serta dinas-dinas terkait.
Foto: Kementan
Festival Kentang Modoinding VI diikuti ratusan peserta karnaval dari perwakilan Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM), perwakilan wilayah desa se-Modoinding serta dinas-dinas terkait.

REPUBLIKA.CO.ID, MINAHASA -- Kawasan Modoinding sudah lama dikenal sebagai daerah sentra hortikultura sayuran terbesar di Sulawesi Utara. Kecamatan yang identik dengan hasil pertanian ini menjadi sentra produksi terbesar di kawasan Timur Indonesia bagi segala jenis sayuran seperti kentang, wortel, bawang daun, labu, tomat, bawang merah hingga bawang putih.

Khusus untuk kentang, Kawasan Modoinding bahkan tercatat sebagai produsen terbesar di daratan Pulau Sulawesi atau nomor sembilan terbesar di Indonesia. Urat nadi kehidupan masyarakat Modoinding seolah tak bisa dilepaskan dari kentang dan sayuran lainnya. Kementerian Pertanian terus mendorong pengembangan di kawasan yang dikenal sebagai "The kitchen of Business" wilayah Indonesia bagian timur ini.

Baca Juga

Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto saat menghadiri Modoinding Potato Festival ke-6 (MPF) di Desa Sinisir, Kecamatan Modoinding, Kabupaten Minahasa, Selatan (12/9), menyebut pihaknya pada tahun 2019 mengalokasikan sekitar Rp 13,5 miliar untuk pengembangan hortikultura di Minahasa Selatan. Anggaran tersebut digunakan untuk mendukung pengembangan kawasan bawang putih, buah-buahan dan aneka sayuran.

Prihasto mengatakan kawasan Modoinding selain cocok untuk kentang, juga sesuai untuk budidaya bawang putih. Tahun ini dialokasikan 225 hektare bawang putih. Tahun depan rencana dialokasikan lagi 200 hektare.

Jadi total akan ada sedikitnya 425 hektare bawang putih di Minahasa Selatan. Ia berharap kawasan ini menjadi salah satu sentra bawang putih terbesar di Sulawesi.

"Festival tahun depan saya harapkan sudah bertambah lagi komoditas yang ditampilkan. Selain kentang, wortel, kubis dan bawang daun, kami berharap bisa ditampilkan hasil panen bawang putih," tambah pria yang sering dipanggil Anton tersebut.

photo
Festival Kentang Modoinding VI diikuti ratusan peserta karnaval dari perwakilan Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM), perwakilan wilayah desa se-Modoinding serta dinas-dinas terkait.

Festival Kentang Modoinding VI diikuti ratusan peserta karnaval dari perwakilan Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM), perwakilan wilayah desa se-Modoinding serta dinas-dinas terkait. Ribuan pengunjung menyaksikan festival tahunan petani sayuran Modoinding tersebut. Tak hanya berasal dari masyarakat Minahasa, tapi juga dari daerah-daerah lain bahkan mancanegara.

"Festival kentang ini kami nilai sebagai langkah maju dan kreatif yang muncul dari rasa syukur dan kepedulian dari segenap masyarakat Modoinding yang telah dianugerahi Tuhan berupa sumber daya alam hortikultura yang melimpah ruah," tandas Anton.

Bupati Minahasa Selatan, Christiany Eugenia Paruntu, pada kesempatan tersebut mengajak masyarakat Modoinding dan sekitarnya untuk terus mensyukuri anugerah Tuhan berupa alam yang subur dan sayuran yang melimpah. Setiap tahun total pendapatan masyarakat dari hasil budidaya sayuran di kawasan ini bisa mencapai hampir Rp 1 triliun.

"Pendapatan petani Modoinding juga menjadi yang tertinggi di Sulawesi Utara. Tak hanya kentang, Modoinding juga kaya dengan sayur mayur. Ini anugerah Tuhan yang harus selalu disyukuri," tambahnya.

Direktur Perbenihan Hortikultura sekaligus Plt. Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Kementerian Pertanian, Sukarman, ditempat yang sama mengatakan varietas kentang yang banyak dikembangkan petani Modoinding dikenal dengan Kentang SupeJohn. Kentang unggul granola hasil mutasi alami tersebut ditemukan oleh salah seorang petani tulen warga Makaruyen Modoinding bernama John Walukow.

Kentang varietas SupeJohn memiliki keunggulan diantaranya bentuk umbinya yang lonjong bagus, tidak mudah rusak, kulitnya tidak mudah terkupas dan ukuran umbinya yang cukup besar. "Jenis kentang tersebut sangat disukai petani maupun konsumen. Varietas SupJohn sendiri sudah terdaftar di Kementerian Pertanian melalui SK Mentan Nomor 3936/Kpts/Sr.120 tahun 2013," ujarnya.

Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Modoinding, Renly Liow, menyambut baik program pemerintah mengembangkan sayuran di daerahnya termasuk bawang putih. "Dulu di sini juga pernah tanam bawang putih. Tapi sudah lama berhenti. Tahun 2018 lalu tercatat luas tanam 300 hektare bawang putih, setelah sekian lama tidak ada pertanaman,"ujar Renly.

"Kalau untuk kentang kami makin optimistis makin berkembang. Terlebih saat ini petani sudah mampu untuk membuat olahan makanan berbahan dasar kentang seperti kripik, dodol, donat, dan sebagainya yang mampi menambah pendapatan petani Modoinding," ungkap Renly optimistis.

Berdasarkan catatan statistik BPS, produksi kentang nasional tahun 2018 lalu mencapai 1,28 juta ton atau naik 10,3 persen dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 1,16 juta ton. Khusus Minahasa Selatan, produksi kentang tahun 2018 mencapai 46 ribu ton, naik 19 persn dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 36 ribu ton. Secara nasional Indonesia telah mencatatkan diri mampu swasembada kentang sayur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement