Kamis 08 Aug 2019 13:45 WIB

Mandiri Syariah Siap Tawarkan Sukuk Tabungan ST005

Kupon minimum yang ditawarkan untuk Sukuk Tabungan ST005 sebesar 7,40 persen

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
Nasabah melihat informasi Sukuk Tabungan Seri ST003 melalui website Mandiri Syariah di Jakarta, Kamis (7/1).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Nasabah melihat informasi Sukuk Tabungan Seri ST003 melalui website Mandiri Syariah di Jakarta, Kamis (7/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Mandiri Syariah siap menawarkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) seri terbaru Sukuk Tabungan, ST-005 kepada masyarakat. Pemerintah melalui Kementerian Keuangan kembali menunjuk Mandiri Syariah sebagai mitra distribusi penjualan Sukuk Tabungan.

Penawaran (book building) ST-005 berlangsung selama tanggal 8-21 Agustus 2019. Produk investasi ini memiliki tenor dua tahun dengan nominal per unit Rp 1 juta. Minimal pemesanan sebesar Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar.

Baca Juga

ST005 menggunakan margin floating minimal 7,4 persen mengikuti suku bunga acuan Bank Indonesia. Nasabah dapat melakukan pemesanan ST005 melalui Mandiri Syariah Netbanking yang terhubung dengan sistem e-SBN Kementerian Keuangan.

Bagi nasabah baru, sebelum melakukan pemesanan nasabah akan memperoleh Single Investor Identity (SID) dan Sub Rekening Efek (SRE) melalui email. Kemudian nasabah memasukkan SID dan SRE untuk pemesanan lebih lanjut melalui Netbanking.

"Setelah proses booking melalui Net Banking, nasabah dapat melakukan pembayaran baik melalui ATM, Mandiri Syariah Mobile dan Mandiri Syariah Netbanking. Atau juga pembayaran melalui teller di kantor cabang kami," kata Senior Executive Vice Presiden (SEVP) Distribution and Services Mandiri Syariah, Anton Sukarna dalam siaran pers.

Nasabah yang belum memiliki aplikasi Mandiri Syariah Netbanking dapat melakukan pemesanan ST-005 dengan mendatangi kantor cabang terdekat. Petugas customer service akan membantu pemesanan dan memberikan situs daring untuk proses lebih lanjut. 

Lebih lanjut, Anton mengatakan ST-005 termasuk seri yang tidak dapat diperdagangkan (non tradable) dan dialihkan. Namun memiliki fasilitas early redemption yaitu fasilitas yang diberikan kepada investor untuk mencairkan kepemilikan Sukuk Tabungan sebelum masa jatuh tempo sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Investor dapat mencairkan sukuk tabungannya satu kali dengan besaran maksimal 50 persen dari total nilai sukuk pada bulan ke-12. Saat ini telah banyak masyarakat yang paham dan memilih sukuk sebagai salah satu jenis investasi yang layak dimiliki.

"Kami berharap dapat mendistribusikan ST-005 kepada nasabah sebanyak mungkin. Terlebih, metode booking ST-005 dapat dilakukan sendiri oleh nasabah melalui net banking," kata Anton.

Mandiri Syariah pernah menjadi mitra distribusi penjualan ST-003 dan ST-004 secara online dengan total nilai penjualan sekitar Rp 450 miliar. Porsi pembeli terbesar berasal dari kalangan millenial.

Penunjukkan Mandiri Syariah sebagai mitra distribusi ST-005 diharapkan juga semakin meningkatkan citra perusahaan Mandiri Syariah. Sebagai bank syariah terbesar yang mendukung dan berperan serta dalam program Pemerintah khususnya industri keuangan syariah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement