Selasa 06 Aug 2019 08:42 WIB

Listrik Padam, Bank Mandiri: Tak Ada Kerugian

Bank Mandiri sudah melakukan beberapa tindakan pengecekan untuk mitigasi pemadaman

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Warga melintasi galeri anjungan tunai mandiri (ATM) di Kebayoran Lama, Jakarta, Senin (5/8/2019).
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Warga melintasi galeri anjungan tunai mandiri (ATM) di Kebayoran Lama, Jakarta, Senin (5/8/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyebut pemadaman listrik yang terjadi di beberapa wilayah Jabodetabek mengakibatkan hambatan dalam hal penarikan uang di beberapa Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Adapun hambatan lainnya terkait dengan Electronic Data Capture (EDC) Bank Mandiri.

“Yang pertama tentunya pasti ada impact kan. Artinya ada butuh waktu switch on dari listrik yang di PLN ke genset. Pada akhirnya yang ada di gedung-gedung Bank Mandiri misalnya ATM itu dan masalah kalau ATM stand alone tidak ada genset,” ujar Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi kepada wartawan di Jakarta, Selasa (6/8).

Baca Juga

Menurutnya hambatan juga terjadi pada m-banking Mandiri. Hal itu sangat mungkin terjadi karena pemadaman listrik yang cukup lama itu berimbas pada provider dan jaringan

"Gini kalo kemarin kan agak susah memang ya kalo listrik mati cukup lama hingga enam jam gitu kan pasti provider, lebih ke jaringan kemarin tapi kalau sekarang saya rasa sudah normal," ucapnya.

Kendati demikian, perseroan mengaku tidak ada kekacauan yang berarti saat padamnya listrik selama lebih dari enam jam tersebut. Ia juga menyatakan bahwa tidak ada kerugian yang dialami oleh Bank Mandiri.

"Tidak ada kekacauan, karena kita punya genset yang cukup mengcover. Nggak ada kerugian, nggak ada, aman," katanya.

Untuk masalah mitigasi, Hery menegaskan bahwa Bank Mandiri sudah melakukan beberapa tindakan pengecekan. "Mitigasinya kami minta ke semua business unit untuk memastikan. Ngecek lagi genset-nya, ngecek lagi UPS-nya, ngecek lagi AC-nya, kalo mesin kan harus dingin. Itu sudah dilakukan kemarin, semua berjalan baik," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement