REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) mencatat pencapaian pendapatan bersih kuartal kedua 2019 sebesar Rp 2 triliun. Jumlah tersebut meningkat 23,3 persen dibandingkan kuartal pertama 2019.
Pendapatan bersih pada semester pertama 2019 tercatat Rp 3,5 triliun, tumbuh 19,4 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu. Laba usaha di semester pertama 2019 tumbuh sebesar 29,4 persen menjadi Rp 508 miliar.
Sekretaris Perusahaan, Ratih D Gianda menyampaikan capaian ini menunjukkan peningkatan pesat operating leverage pada kuartal kedua dihasilkan oleh penjualan yang lebih tinggi. Secara keseluruhan, laba bersih di semester pertama 2019 menjadi sebesar Rp 376 miliar.
"Ini disesuaikan untuk perlakuan akuntansi dari zero interest bond, atau margin laba bersih yang disesuaikan sebesar 10,8 persen, meningkat dari 9,5 persen," kata dia dalam siaran pers yang diterima Republika, Kamis (1/8).
Ratih mengklaim pencapaian ini menempatkan MAPA sebagai perusahaan terbaik di antara perusahaan ritel olahraga lainnya di dunia. Ratih merinci, peningkatan pesat secara keseluruhan dari penjualan yang dicapai perusahaan di kuartal kedua adalah imbas meningkatnya penjualan di periode Lebaran.
"Juga dengan adanya penambahan ruang usaha baru sebesar 17 persen secara nasional di akhir bulan Juni 2019," kata Ratih.
Ia optimis capaian ini akan membuat MAPA mengungguli pangsa pasar olahraga di tahun 2019. Ratih menambahkan perusahaan berinvestasi di digital untuk perkembangan usaha di masa depan, khususnya dalam bidang e-commerce, yang berkembang pesat melalui PlanetSports.Asia, MAPeMall, Kidstation.Asia dan platform lainnya.
Hal ini termasuk penambahan perkembangan dua usaha di bidang online, mobile dan media sosial. Situs Instagram PlanetSports milik MAPA juga telah menghasilkan lebih dari 50 ribu pengikut. Situs ini menyediakan pelatihan olah raga lari yang unik serta menarik pelanggan baru untuk mengunjungi toko online dan offline.
Pada akhir bulan Juni 2019, anak perusahaan dari PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) ini telah mengoperasikan 1.123 gerai di 74 kota di seluruh Indonesia. MAPA mengelola lebih dari 150 merek dan lebih dari 40 di antaranya merupakan merek eksklusif. Tiga lini bisnis utama perusahaan adalah produk Sports, Leisure dan Kids.
MAPA juga memiki jaringan ritel multi-brand eksklusif, termasuk Planet Sports.Asia, Sports Station, The Athlete’s Foot, Golf House, Ogaan, Kidz Station, dan Planet Sports Kids. MAPA saat ini tercatat sebagai distributor ekslusif merek-merek unggulan seperti Skechers, Reebok, New Balance, Clarks dan Lego.