Rabu 24 Jul 2019 19:57 WIB

Lion Air Mulai Jual Tiket 50 Persen dari Tarif Batas Atas

Sistem diskon harga tiket pesawat Lion Air sama seperti Citilink, siapa cepat dapat.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolanda
Sejumlah calon penumpang antre naik ke pesawat maskapai Lion Air di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (5/7/2019).
Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang
Sejumlah calon penumpang antre naik ke pesawat maskapai Lion Air di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (5/7/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maskapai Lion Air mulai menjual tiket dengan ketetapan harga 50 persen dari tarif batas atas (TBA). Dalam pantauan Republika.co.id sore ini pukul 17.00 WIB, tiket murah tersebut bahkan masih tersedia belum habis terjual sehingga masyarakat masih bisa membelinya. 

Salah satunya, penerbangan rute Jakarta-Denpasar untuk Kamis (25/7) dijual dengan harga Rp 738.800. Harga tersebut sudah dijual dengan harga 50 persen dari TBA maskapai berbiaya hemat atau low cost carrier (LCC) Rp 1.216.000. 

Baca Juga

Tiket seharga Rp 738.800 tersebut juga masih dijual untuk rute yang sama pada 3 Agustus 2019. Bahkan pada waktu tersebut masih tersedia untuk dua waktu pemberangkatan yaitu pukul 11.25 WIB dan 13.30 WIB. 

Harga tiket murah Lion Air juga dijual untuk rute penerbangan Jakarta-Medan. Terpantau untuk tiket dengan rute tersebut pada 1 Agustus 2019 masih tersedia dengan harga Rp 911.500. Meskipun begitu seharusnya jika dijual dengan harga 50 persen dari TBA seharusnya sekitar Rp 864.575. 

Sebelumnya, Lion Air memastikan akan menerapkan kebijakan penjualan harga tiket 50 persen dari TBA mulai hari ini. "Ya harus lah (menerapkan penurunan harga tiket). Kan sudah aturan ini. Skemanya mulai Rabu jni (24/7) semua sudah jalan," kata Pemilik Lion Air Group Rusdi Kirana usai menghadiri rapat koordinasi di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), Senin (22/7).

Meskipun begitu, Rusdi menegaskan pada dasarnya Lion Air sudah melakukan penurunan harga tiket sebesar 30 persen. Hanya saja, Rusdi mengatakan pemerintah menginginkan penurunan harga tiket ditambah lagi hingga 50 persen dari TBA. 

Dengan permintaan penambahan tersebut, Rusdi mengakui sebelumnya Lion Air masih melalukan penyesuaian sistem. "Sistemnya perlu dialakukam perubahan. Rabu nanti (harga tiket 50 persen dari TBA) akan 30 persen dari kapasitas," jelas Rusdi. 

Dia menegaskan dalam penjualan tiket dengan harga 50 persen dari TBA akan sama seperti maskapai LCC lainnya yang berarti siapa cepat dia dapat. Sebab, kata Rusdi, semua masyarakat bisa mengakses penjualan tiket untuk pemberangkatan kapanpun setiap harinya. 

Dalam kebijakan penurunan harga tiket, pemerintah juga menentukan jumlah rute penerbangannya yang harus dijual 50 persen dari TBA pada Selasa, Kamis, dan Sabtu pukul 10.00 aampai 14.00 waktu setempat. Untuk Lion Air mencapai 146 penerbangan dengan total 8.278 kursi. Sementara Citilink harus menerapkan kebijakan tersebut terhadap 62 rute penerbangannya dengan total 3.348 kursi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement