Senin 22 Jul 2019 20:33 WIB

Fitch Ratings Naikkan Peringkat Utang Lippo Karawaci

&P Global Ratings telah lebih dulu menaikkan peringkat utang LPKR.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Dwi Murdaningsih
Bioskop Cinemaxx di Maxx Box Lippo Village, Lippo Karawaci.
Foto: dok Cinemaxx
Bioskop Cinemaxx di Maxx Box Lippo Village, Lippo Karawaci.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Fitch Ratings menaikkan peringkat kredit jangka panjang PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) dari CCC+ menjadi B-. Fitch juga menaikkan peringkat nasional jangka panjang LPKR dari BB- menjadi BB+ dengan prospek peringkat adalah stabil.

Fitch menyatakan peningkatan peringkat tersebut didasari atas dua faktor. Pertama yaitu penguatan likuiditas LPKR. Kedua, terbatasnya risiko pembiayaan kembali.

Baca Juga

LPKR sekarang dinilai memiliki fleksibilitas pembiayaan yang memadai baik untuk memenuhi biaya operasional, beban bunga dan pembayaran hutang pada saat jatuh tempo hingga akhir 2020.

Melalui penjualan aset Lippo Mall Puri tahun 2019, Fitch juga beropini bahwa hasil bersih dari penjualan tersebut dapat memperkuat likuiditas LPKR. Ini dinilai akan membantu Perseroan untuk memenuhi biaya operasional serta kewajiban pembayaran utang hingga akhir 2021.

CEO LPKR John Riyadi mengatakan peningkatan peringkat kredit ini dapat membangun kepercayaan pembeli serta kemitraan baru. "Kami sadar akan banyaknya tantangan di masa depan, namun kami akan tetap bijaksana dalam memanfaatkan peluang-peluang usaha yang muncul di bisnis hunian,” ujar John dalam keterangan pers, Senin (22/7).

Sebelum Fitch Ratings, S&P Global Ratings telah lebih dulu menaikkan peringkat utang LPKR. S&P Global menaikkan peringkat kredit jangka panjang Perseroan dari CCC+ menjadi B- dengan prospek stabil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement