Rabu 19 Jun 2019 09:54 WIB

Suku Bunga tak Kunjung Turun, Trump Ancam Pecat Bos The Fed

Powell dianggap meremehkan kebijakan ekonomi Trump dengan menaikkan suku bunga.

Televisi menunjukkan kisaran suku bunga bank sentral AS, The Federal Reserve. The Fed memutuskan tidak mengubah kebijakan suku bunganya pada pertemuan Rabu (30/1).
Foto: AP
Televisi menunjukkan kisaran suku bunga bank sentral AS, The Federal Reserve. The Fed memutuskan tidak mengubah kebijakan suku bunganya pada pertemuan Rabu (30/1).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Donald Trump pada Selasa (18/6) terus menekan Ketua Federal Reserve untuk menurunkan suku bunga. Sementara itu, muncul laporan bahwa pengacara Gedung Putih awal tahun ini mengeksplorasi apakah mereka dapat secara hukum mencopot Jerome Powell dari kepemimpinan Fed.

"Mari kita lihat apa yang dia lakukan," kata Trump saat ditanya oleh wartawan di luar Gedung Putih apakah dia ingin menurunkan jabatan Powell.

Baca Juga

Trump telah berulang kali menyerang Powell karena menaikkan suku bunga. Ia mengklaim kenaikan suku bunga the Fed tahun lalu meremehkan kebijakan ekonomi dan perdagangannya, terutama ketika ia berjuang mengatasi masalah perdagangan dengan Cina. Oktober lalu, Trump mengatakan the Fed sudah 'gila' di bawah Powell.

The Fed mengakhiri pertemuan kebijakan dua hari di Washington pada Rabu sore waktu setempat. Powell dan rekan-rekannya dari bank sentral AS diperkirakan akan membiarkan suku bunga stabil tetapi berpotensi meletakkan dasar untuk penurunan suku bunga akhir tahun ini.

"Mereka akan segera membuat pengumuman, jadi kita akan lihat apa yang terjadi," kata Trump kepada wartawan.

Sebelumnya pada Selasa (18/6), kepala Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi mengisyaratkan dia akan melonggarkan kebijakan untuk menangani inflasi rendah di seluruh Atlantik. Ini merupakan sebuah langkah yang menurut Trump menguntungkan Eropa dan tidak adil bagi Amerika Serikat.

"Saya ingin diberi lapangan permainan yang setara, dan sejauh ini saya belum," kata Trump.

Komentar tersebut menambah tekanan pada Powell yang menghadapi ekspektasi pasar keuangan untuk tiga penurunan suku bunga hingga akhir tahun, karena data ekonomi telah melemah. Trump, yang memilih Powell untuk menggantikan Janet Yellen sebagai ketua The Fed, mengatakan kepada ABC News pekan lalu bahwa ia tidak senang dengan apa yang sudah dilakukan Powell.

Bloomberg News mengutip orang-orang yang akrab dengan masalah ini, melaporkan pada Selasa bahwa kantor penasihat Gedung Putih telah memeriksa legalitas penurunan jabatan Powell menjadi gubernur Fed pada Februari, segera setelah Trump membahas pemecatan ketua Fed. Langkah seperti itu tidak akan pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah 100 tahun The Fed.

Penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow menolak untuk mengkonfirmasi atau menolak laporan itu. Namun, ia mengatakan kepada wartawan bahwa Trump tidak mempertimbangkan perubahan apa pun pada status Powell. Masa jabatan empat tahun Powell sebagai ketua The Fed berakhir pada 2022.

Seorang juru bicara Dewan Gubernur Fed mengatakan, di bawah hukum, kursi Dewan Federal Reserve hanya dapat dihapus karena alasan tertentu.

Robert C Hockett, seorang profesor hukum di Cornell Law School, yang penelitiannya mencakup hukum moneter dan ekonomi, mengatakan penurunan pangkat mungkin tidak dianggap penghapusan. Tetapi setiap langkah Trump untuk melakukannya mungkin akan diperebutkan oleh anggota Senat, yang harus mengkonfirmasi calon ketua Fed dan Dewan Gubernur Fed.

Dia juga mengatakan Komite Pasar Terbuka Federal yang menetapkan kebijakan, yang dikenal sebagai FOMC, dapat bertindak untuk melestarikan otoritas Powell. "Bahkan jika Trump dapat menurunkan Powell, FOMC tetap dapat memilih untuk mempertahankannya sebagai ketua FOMC, dengan demikian menetralkan langkah Trump," kata Hockett.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement