Selasa 28 May 2019 14:16 WIB

BI Siapkan Rp 14,5 Miliar untuk Penukaran Uang di Vastenburg

BI menargetkan sebanyak 1.100 penukar setiap hari ataiu 3.300 penukar selama 3 hari.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Friska Yolanda
Tempat penukaran uang tunai Lebaran 2019.
Foto: Tim Infografis Republika.co.id
Tempat penukaran uang tunai Lebaran 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Bank Indonesia Kantor Perwakilan Solo menyiapkan uang pecahan kecil senilai Rp 14,5 miliar untuk kegiatan penukaran uang bersama di Benteng Vastenburg selama tiga hari, Senin (27/5) sampai Rabu (29/5). Sebanyak 17 bank umum, dua BPR, dua BPRS, dua kantor pegadaian dan satu kantor pos berpartisipasi dalam kegiatan penukaran uang tersebut.

BI menargetkan sebanyak 1.100 penukar setiap hari ataiu 3.300 penukar selama tiga hari. Nominal uang yang ditukarkan dibatasi Rp 4,4 juta per orang. Mekanisme penukaran dengan cara scan KTP dan mencelupkan tinta setelah menukar uang. 

Baca Juga

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, M Taufik Amrozy, kegiatan tersebut bertujuan untuk memudahkan masyarakat Solo Raya untuk mempermudah layanan penukaran pecahan uang kecil. Sebab, momen lebaran paling banyak dibutuhkan uang pecahan kecil.

"Upaya ini untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, dan bagi perbankan di Solo Raya ini menjadi percontohan bagi bank-bank lain di Indonesia," ujarnya, Selasa (28/5).

BI telah memperediksikan kebutuhan uang rupiah di seluruh wilayah Solo Raya mencapai Rp 5,4 triliun untuk menyambut Lebaran 2019. Prediksi kebutuhan tersebut naik 3 persen dari realisasi tahun sebelumnya yang sebesar Rp 5,2 triliun. 

"Sampai 24 Mei kemarin itu realisasi penukaran uang sudah Rp 2,4 triliun dari perkiraan Rp 5,4 triliun, sudah 45 persen. Ini menjelang Lebaran masih ada beberapa hari, kebutuhan di ATM semakin meningkat," imbuhnya.

Kegiatan penukaran uang di wilayah kerja KPw BI Solo dilakukan pada 13 Mei-1 Juni 2019. Kegiatan tersebut meliputi layanan penukaran di 150 titik lokasi yang melibatkan 98 bank umum, 30 BPR, delapan BPRS, 11 PT Pegadaian dan tiga kantor pos. Layanan Kas Keliling oleh KPw Bl Solo di pusat-pusat keramaian telah dilaksanakan pada 13-16 Mei 2019 di stasiun, pasar, bandara, terminal. Kemudian, Layanan Kas Keliling KPw BI Solo bersama Bank Umum dan BPR di enam Kantor Pemerintah Kabupaten se-Solo Raya dilakukan pada 20-23 Mei 2019. Selanjutnya, BI juga menggelar layanan penukaran uang di Rest Area Tol Solo-Ngawi KM 519A dan 519B pada 30 Mei- 1 Juni 2019.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk menukar uang pecahan kecil di tempat penukaran resmi yang ditetapkan oleh BI untuk menghindari adanya selisih, tambahan biaya dan uang palsu," ucap Taufik. 

Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi KPwBI Solo, Bakti Artanta, menambahkan, kegiata penukaran uang bersama tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, jumlah bank dan lembaga keuangan yang berpartisipasi lebih banyak. "Jumlah penukar per hari juga ditargetkan lebih banyak dibanding tahun lalu," ujarnya. 

Dari segi pengamanan, BI telah berkoordinasi dengan Brimob, Satpol PP, termasuk pengamanan internal. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement