Ahad 05 May 2019 13:31 WIB

Harga Bawang Putih di Purwokerto Masih Tinggi

Harga bawang putih yang melonjak di akhir April masih tergolong tinggi di Purwokerto

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
ilustrasi bawang putih
Foto: Humas Kementan
ilustrasi bawang putih

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Harga bawang putih eceran yang mengalami lonjakan harga sejak akhir Bulan April, masih belum beranjak turun. Bahkan harga bumbu dapur ini masih terus mengalami kenaikan. Di Pasar Manis Kota Purwokerto, harga bawang putih saat ini dijual seharga Rp 70 ribu hingga Rp 80 ribu tergantung kualitas.

"Harga masih terus naik. Kalau awal Mei lalu pedagang masih menjual Rp 60 ribu, sekarang sudah lebih dari Rp 70 ribu per kg," tutur Nining, seorang ibu rumah tangga warga perumahan Purwosari Kecamatan Purwokerto Utara, Ahad (5/5).

Baca Juga

Dari pemantauan di Pasar Manis, harga bawang yang dijual seharga Rp 70-80 ribu per kg, merupakan jenis bawang kating. Harga Rp 70 per kg untuk bawang yang berukuran kecil, sedangkan yang berukuran besar dijual seharga Rp 80 ribu.

Sedangkan bawang apel yang biasanya banyak dijual pada saat harga sedang naik seperti, sekarang ini, belum terlihat dijual di pasar-pasar tradisional. "Kami masih menjual bawang kating, yang bawang apel belum ada," kata Yuli, pedagang di Pasar Manis.

Dia mengaku tidak tahu, kenapa harga bawang putih terus melonjak. Menurutnya, selama ini penyuplainya tidak kesulitan memenuhi berapa pun kebutuhan bawang putih yang diminta pedagang. "Kalau stok, sepertinya tidak ada masalah. Tapi tidak tahu kenapa, harganya dari pemasok terus naik," katanya.

Dampak kenaikan ini, dia mengaku lebih banyak menjual bawang putih yang berukuran kecil-kecil. "Pembeli juga memilih yang harganya lebih murah, kalau kualitas baik dengan ukuran bawang yang besar, harganya lebih mahal," katanya.

Sebagaimana diketahui, sejak akhir Maret 2019 lalu, harga bawang putih terus mengalami lonjakan. Harga bawang putih yang normalnya sekitar Rp 30 ribu per kg, saat ini sudah mencapai Rp 70 ribu hingga Rp 80 ribu per kg. Dengan demikian, kenaikan harga sudah hampir mencapai 3 kali lipat dari harga normal.

Sementara untuk harga kebutuhan lainnya, komoditi bawang merah juga masih stabil cukup tinggi. Sejak awal Mei 2019 lalu, harga bawang merah bertahan di tingkat Rp 40 ribu per kg. Normalnya, harga bawang Rp 25 ribu per kg. Sedangkan untuk harga cabai, yang semula sempat mengalami kenaikan, saat ini sudah mulai kembali normal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement