Ahad 28 Apr 2019 09:41 WIB

AS dan Jepang Sedang Negosiasi Perdagangan Besar

Jepang adalah mitra dagang terbesar keempat bagi AS.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Presiden AS Donald Trump (kiri) berjabat tangan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Akasaka Palace.
Foto: Kiyoshi Ota/Pool Photo via AP
Presiden AS Donald Trump (kiri) berjabat tangan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Akasaka Palace.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pembahasan terkait perdagangan antara Amerika Serikat dan Jepang berjalan dengan sangat baik. Hal ini disampaikan oleh Presiden AS Donald Trump pada Jumat (26/4) lalu. Trump mengatakan, AS dan Jepang sedang bernegosiasi soal perdagangan besar.

"(Negosiasi) bisa berjalan sangat cepat. Kami punya negosiasi dengan Jepang soal perdagangan yang sangat besar yang sedang terjadi sekarang," kata Trump dengan nada optimis di Gedung Putih saat menjamu Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dilansir Anadolu Agency, Ahad (28/4).

Baca Juga

Dalam kesempatan itu, Trump menyinggung secara spesifik sektor pertanian. Dia menyebut Jepang secara besar-besaran mengenakan tarif, sedangkan AS tidak memberi tarif pada mobil mereka.

"Jadi saya pikir itu yang akan kita selesaikan," ujarnya.

AS dan Jepang telah terlibat dalam pembicaraan perdagangan sejak September lalu di mana pembahasan kedua negara berfokus pada produk pertanian dan otomotif. Jepang adalah mitra dagang terbesar keempat bagi AS.

Kedua pemimpin negara itu diharapkan dapat menangani beberapa persoalan, termasuk upaya untuk menyingkirkan Semenanjung Korea dari senjata nuklir. Di sisi lain, Abe mengatakan Jepang telah menginvestasikan 23 miliar dolar di AS sejak Trump menjabat pada 2017 yang mendukung 43 ribu pekerjaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement