Senin 15 Apr 2019 12:42 WIB

Pelaku Usaha Diminta Tangkap Peluang Industri 4.0

Era industri 4.0 menjadi tantangan baru bagi setiap pelaku usaha

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Mesin-mesin industri dipajang dalam pameran manufaktur di Jakarta
Foto: Antara
Mesin-mesin industri dipajang dalam pameran manufaktur di Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para pelaku bisnis di Tanah Air dituntut untuk siap menghadapi era industri 4.0. Langkah ini bisa dijadikan sebagai peluang di tengah sejumlah tantangan yang ada.

Calon Ketua Umum Kasin DKI Jakarta periode 2019-2024, Diana Dewi mengatakan sikap optimis bahwa dirinya akan menjadikan era industri 4.0 sebagai peluang sekaligus tantangan untuk membangun Kadi DKI yang lebih kuat dan martabat, jika nanti dipercaya untuk mengemban amanah tersebut.

Baca Juga

"Sebagai pelaku bisnis yang juga bagian dari Kadin DKI Jakarta, saya justru melihat tantangan tersebut sebagai peluang untuk membangun organinasasi yang lebih kuat dan bermartabat," ujarnya dalam keterangan tulis yang diterima Republika, Senin (15/4).

Menurut dia, kecepatan, ketepatan dan transparansi data menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Dengan demikian pelaku bisnis juga harus siap menuju era industri 4.0 sebagai peluang dan tantangan baru bagi setiap pelaku usaha.

"Saya berkomitmen Kadin DKI harus bersiap dan memberikan manfaat yang besar untuk dapat membantu anggotanya agar dapat memiliki daya saing yang tinggi," ucapnya.

Dengan visi menjadikan Kadin DKI sebagai mitra utama pemerintah daerah dalam pembuatan dan implementasi, serta sebagai tolak ukur atas barometer utama kesiapan dunia usaha dalam menyongsong dunia industri 4.0, maka dirinya berharap implementasi antara dunia usaha dengan pemerintah harus sejalan.

Kadin DKI Jakarta akan menggelar Rapat Pimpinan Provinsi (Rapimprov) 2019 di Hotel Sultan, Jakarta pada tanggal 30 April 2019 yang akan mengagendakan pergantian Ketua Umum baru masa periode 2019-2024. Ketua Umum terpilih akan menggantikan posisi Eddy Kuntadi sebagai Ketua Umum Kadin DKI Jakarta yang telah habis masa kepemimpinannya.

Diana Dewi yang merupakan seorang pengusaha daging yang sukses dalam bisnisnya mendaftarkan diri sebagai Calon Ketua Umum Kadin DKI Jakarta periode 2019-2024. Ia juga berjanji akan memperkuat struktur organisasi Kadin DKI dari wilayah Kotamadya hingga Provinsi, serta memperkuat komunikasi dan keterlibatan asosiasi dalam semua kegiatan Kadin DKI.

"Kita juga akan memperkuat kemanfaatan organisasi bagi seluruh anggota asosiasi, memperkuat kerja sama baik dengan Kadin Pusat maupun Kadin daerah lain, mengoptimalkan dan menjajaki kemitraan dalam program Jakarta sister City dan membantu pelaku usaha dalam program Industri 4.0,” tuturnya.

Diana sendiri menjadi satu-satunya Srikandi yang akan maju sebagai calon Ketua Umum Kadin DKI di tengah sekian calon lainnya yang semuanya laki-laki. Dia juga merupakan salah satu calon yang paling serius mempersiapkan diri menghadapi pemilihan yang rencananya akan digelar pada 30 April 2019 nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement