Kamis 28 Mar 2019 17:55 WIB

HMF Inisiasi Yayasan Pengembangan Keuangan Mikro Syariah

Ini merupakan lembaga diklat dan pendampingan untuk mencetak SDI syariah.

Hidayatullah Micro Finance (HMF) menggelar rapat pleno di Menara Qur'an Hidayatullah Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (28/3).
Foto: Dok HMF
Hidayatullah Micro Finance (HMF) menggelar rapat pleno di Menara Qur'an Hidayatullah Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (28/3).

REPUBLIKA.CO.ID, KARANGANYAR -- Hidayatullah Micro Finance (HMF)  menginisiasi lahirnya Yayasan Pengembangan Keuangan Mikro Syariah (YPKMS). Gagasan itu muncul dalam rapat pleno HMF yang digelar di  Menara Qur’an Hidayatullah Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis  (28/3).

Rapat  pleno itu  diikuti oleh seluruh pengurus HMF. Hadir pula utusan dari  DPP Hidayatullah,  yakni Ustaz  Asih Subagyo (kabid Perekonomian) dan Ustaz  Ruhyadi (kadep Koperasi dan  Kewirausahaan). 

HMF adalah lembaga yang berkonsentrasi untuk menumbuhkembangkan ekonomi syariah di Indonesia.  “Sebagai bentuk komitmen riil dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia, insya Allah dalam waktu dekat HMF akan menginisiasi berdirinya Yayasan Pengembangan Keuangan Mikro Syariah (YPKMS),” kata Ustaz  Asih Subagyo dalam sambutannya membuka Rapat Pleno tadi pagi seperti dikutip dalam rilis HMF yang diterima Republika.co.id, Kamis (28/3).

Ia menambahkan, YPKMS  bertujuan sebagai lembaga diklat dan pendampingan guna mencetak tenaga-tenaga profesional atau sumber daya insane (SDI)  syariah yang akan ditempatkan di lembaga-lembaga keuangan mikro syariah (LKMS) seperti koperasi syariah, BMT, BTH dan lain-lain.  

“Selain itu, YPKMS dalam hal pendampingan LKMS akan melakukan standarisasi SOP, program kerja, dan lain sebagainya,” tambah Asih yang juga  CEO PT  HG dan Owner PT Totalindo Rekayasa Telematika.

Ustaz Ruhyadi  mengemukakan,  YPKMS diharapkan bisa membantu sertifikasi profesi lembaga keuangan mikro syariah.  “Sehingga,  diharapkan tenaga-tenaga penggerak dan pelaku ekonomi nanti memiliki kredibilitas dan  kompetensi yang tinggi,” ujarnya.

Di akhir rapat, Ketua HMF,  Ustaz  Saiful Anwar  SE, ME mengemukakan,  tahun 2019  HMF akan mengadakan empat  kali diklat. Diklat tersebut mencakup Diklat BTH Reguler, serta  Diklat Khusus PTH  dan  Mahasiswa. 

Diklat Reguler akan diselenggarakan di  Bandung, Bali, Makasar, dan Jakarta. “Sedangkan Diklat Khusus PTH dan  Mahasiswa insya Allah akan diselenggarakan di STIE Hidayatullah Depok,” kata Saiful Awar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement