Rabu 27 Mar 2019 16:57 WIB

Hunian Fungsional Bagi Kaum Milenial

Pasar milenial akan jadi pangsa pasar properti yang besar dalam lima tahun mendatang.

Rep: Hiru Muhammad/ Red: Agus Yulianto
Salah satu rumah contoh di Paeamount Land di kawasan Gading Serpong.
Foto: Foto: Istimewa
Salah satu rumah contoh di Paeamount Land di kawasan Gading Serpong.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Kian terbatasnya lahan hunian saat ini telah mendorong sejumlah pengembang untuk memaksimalkan potensi lahan yang ada. Tentunya fungsionalitas ruang yang tepat pada sebuah hunian akan menjadi daya tarik bagi konsumen.

Konsep tersebut kini dapat dijumpai pada sejumlah hunian modern yang membidik kalangan muda atau milenial. Tidak membutuhkan lahan yang luas, modern dan di setiap sisi rumah terasa memiliki fungsi yang tepat sesuai kebutuhan mereka. Tuntutan zaman kini yang mengedepankan fungsionalitas bagi konsumen generasi milenial yang membutukan hunian nyaman dari sisi ukuran dan harga yang menarik.

Masalah lokasi juga menjadi pertimbangan tersendiri bagi kaum milenial. Berdasarkan riset yang dilakukan Indonesia Property Watch (IPW), sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan Provinsi DKI Jakarta, wilayah Banten menjadi pilihan favorit para konsumen. Unit penjualan residensial terbesar di Jabodetabek pada kuartal IV-2018 berada di wilayah Tangerang, Banten  sebesar 57,92 persen, disusul Bekasi 14,8 persen, Bogor 11,5 persen dan  selebihnya  tersebar. 

Presiden Direktur Paramount Land Ervan Adi Nugroho menambahkan, data dari BPS dan OJK sampai akhir tahun 2018 menunjukkan adanya hubungan positif antara penyaluran kredit perbankan ke sektor properti setelah kredit real estat rebound di awal 2018. Pertumbuhan ekonomi sektor real estate rebound di kuartal ketiga 2018. pertumbuhan KPR tertinggi tercatat di Provinsi Banten dan Jawa Barat.

"Kondisi ini menunjukkan potensi permintaan pasar tetap tumbuh khususnya di segmen menengah antara harga Rp 500 juta sampai Rp 1 miliar," kata dia dalam keterangannya yang diterima Republika.co,id, belum lama ini. 

Data Bank Indonesia juga menyebutkan, debitur usia muda ini lebih mendominasi KPR untuk tipe rumah tapak 22 sampai 70 meterpersegi, rumah susun atau flat 22 sampai 70 meterpersegi dan rumah susun di bawah tipe 21 meterpersegi. 

Banyaknya pola pembayaran KPR yang dipilih konsumen usia muda, tidak terlepas dari banyaknya bank yang memberikan suku bunga promo untuk menjaga daya beli masyarakat. Pergeseran ini akan membuat pasar milenial semakin besar dan menjadi pangsa pasar yang besar bagi properti dalam lima tahun mendatang.

Paramount Land sendiri telah menawarkan hunian bagi kaum  milenial di Corral Malibu Village Gading Serpong. Hunian dua lantai dengan desain modern ini berada di sebelah selatan Kota Gading Serpong yang berbatasan dengan BSD, dan dekat dengan dua akses tol (Jakarta-Merak dan JORR). Pada tahap pertama Corral Malibu Village diluncurkan dalam jumlah 60 unit, dengan harga perdana mulai Rp 793 jutaan (sudah termasuk PPN) per unitnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement