Sabtu 02 Feb 2019 15:52 WIB

Ide Bisnis Ini Cocok Buat Kamu yang Mahasiswa Tingkat Akhir

Bisnis sedini mungkin dapat mengasah keterampilan dan menambah pemasukan.

Social Media Influencer, Hamidah Rachmayanti.
Foto: Republika/ Adysha Citra Ramadani
Social Media Influencer, Hamidah Rachmayanti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah kamu sebentar lagi lulus kuliah dan sedang menyusun skripsi, tapi terbayang mau ngapain setelah lulus nanti? Atau terbersit di benak ingin memulai bisnis tapi bingung bisnis apa? Maupun sedang bingung memikirkan keuangan?

Apapun itu yang ada di kepalamu, punya ide bisnis yang bisa langsung dijalankan dari sekarang adalah hal yang menyenangkan. Sehingga bisa mengasah keterampilan sekaligus menambah pemasukan tapi tidak menganggu tugas akhir yang sedang dikerjakan.

Bahkan, jika bisnis itu ternyata merupakan hobi kamu, tentu akan lebih menyenangkan karena bisa jadi hiburan penghilang penat saat dipusingkan urusan skripsi. Lalu, jenis  bisnis apa saja itu?

Nah, seperti dikutip dari Cermati.com, ide bisnis ini cocok dijadikan pilihan buat kamu mahasiswa tingkat akhir.

1. Donat goreng

Nama donat goreng sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Dinamakan donat goreng karena metode memasaknya memang digoreng. Agar donat goreng milikmu berbeda dari donat lain, kamu bisa mengubah bentuk donat menyerupai bentuk persegi atau oval.

Sedangkan untuk bahan baku masih tetap sama dengan donat goreng pada umumnya, yaitu telur, tepung, dan lain-lain. Setelah donat matang, taburkan meses atau potongan cokelat ke atas donat untuk menambah cita rasa.

2. Warung kopi

Bagi pecinta kopi, sepertinya berbisnis di bidang ini seperti menikmati hobi saja. Tentu saja, modal memulai bisnis warung kopi ini lebih murah dibandingkan dengan membuka kafe. Kamu tidak perlu membeli kursi kayu atau sofa, tapi sekadar meja kayu dan tikar yang lebar sebagai alas duduk saja sudah bisa. Harga sewa kafe di kawasan sekitar kampus relatif mahal.

Agar lebih hemat, bisa juga mengajak temanmu untuk membuka warung kopi bersama. Ajak teman yang menyukai kopi dan tahu mengenai seluk beluk kopi sehingga bisnis warung kopi cepat berkembang.

3. Freelancer

Kebanyakan orang berlomba-lomba menjadi seorang freelancer. Selain karena waktu kerjanya lebih fleksibel, pekerjaan seorang freelance juga tidak serumit pekerjaan kantor.

Tak perlu bangun pagi pergi ke kantor karena sudah bisa dikerjakan di rumah. Aktivitas yang dilakukan seorang freelancer berbeda-beda, tergantung bidang yang dipilih. Ada penulis freelance, website designer freelance, dan fotografer freelance. Pilih satu bidang yang benar-benar kamu kuasai agar hasil kerja menjadi maksimal.

4. Make up Artist (MUA)

Saat ini, jasa mekap artis (make up artist) tidak hanya digunakan untuk acara-acara besar saja, tapi juga acara sehari-hari, seperti menghadiri acara wisuda teman.

Permintaan jasa MUA sangat tinggi, tak heran jika banyak kaum hawa yang tertarik memelajari ilmu tata rias ini. Bayaran seorang MUA ditentukan oleh jumlah jam terbang dan kualitas produk yang digunakan untuk merias konsumen. Jika kamu tertarik, bisa mengikuti kelas make up atau memperbanyak streaming video tutorial make up di Youtube.

5. Influencer

Nama Olivia Culpo dan Negin Mirsalehi sudah tidak asing lagi di telinga. Dua orang ini merupakan influencer terkenal di Instagram. Tidak hanya endorse pakaian dan produk kecantikan, keduanya juga kerap kali diajak bekerja sama untuk merek produk tertentu.

Untuk menjadi seorang influencer sukses, kamu harus memaksimalkan jumlah pengikut di media sosial. Selain itu, kamu harus menentukan satu jenis konten yang ingin dibagikan. Unggah konten yang berkualitas dan dapat menginspirasi untuk menambah jumlah pengikut.

6. Aksesoris wisuda

Selempang, bunga kertas, dan pengikat kepada termasuk aksesori wisuda yang saat ini digemari oleh anak muda. Bisnis ini cocok untuk kamu yang hobi menggambar dan mendesain. Agar kerjamu lebih cepat, jalin kerja sama dengan para pengrajin aksesori wisuda. Kamu bisa menghubungi pengrajin aksesori jika teman-temanmu ingin membeli atau menempa aksesori wisuda.

Penghasilan yang diperoleh cukup lumayan meskipun tugasmu hanya sebagai perantara saja. Orderan akan bertambah mendekati bulan-bulan wisuda. Agar semakin dikenal, jangan lupa promosikan usahamu lewat akun sosial media.

7. Jasa pengetikan

Mahasiswa manapun pasti sangat bersyukur jika kamu membuka bisnis yang satu ini. Bisnis ini sangat membantu mahasiswa yang sering diselimuti rasa malas, terutama saat mengerjakan tugas akademik.

Hadirnya bisnis jasa pengetikan mengurangi rasa cemas mahasiswa terhadap tugas- tugas yang harus diselesaikan. Pada umumnya, tarif jasa ketik dihitung per halaman, misalnya Rp 5.000 per halaman. Biaya ini bisa berubah-ubah setiap waktu, tergantung tingkat kerumitan materi dan jumlah halaman yang harus diketik.

Hindari rasa takut saat membuka bisnis

Modal menjadi salah satu faktor yang menghalangi keinginanmu untuk terjun ke dunia bisnis. Tetapi, kamu tidak perlu mempersoalkan modal lagi. Berbekal modal kecil saja, kamu sudah bisa mendirikan sebuah bisnis. Intinya, hilangkan rasa takut yang ada pada dirimu ketika memulai suatu bisnis. Percayalah kalau bisnismu mampu menuai sukses dalam beberapa tahun ke depan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement