Selasa 29 Jan 2019 04:25 WIB

PLN Sederhanakan Golongan Pelanggan Listrik

PLN hanya akan membagi pelanggan listrik menjadi dua, susbidi dan nonsubsidi.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ani Nursalikah
Petugas PLN memeriksa jaringan listrik. (ilustrasi)
Foto: PLN
Petugas PLN memeriksa jaringan listrik. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berencana menyederhanakan golongan pelanggan listrik pada 2019. Jika sebelumnya golongan pelanggan listrik ini ada berbagai macam, maka kedepan PLN hanya akan membagi pelanggan listrik menjadi dua, susbidi dan nonsubsidi.

Direktur Pengadaan Strategis ‎PLN Supangkat Iwan Santoso mengatakan, saat ini pelanggan listrik rumah tangga masih terbagi beberapa golongan, yaitu R-1 Rumah tangga kecil dengan 450 dan 900 Volt Amper (VA) bersubsidi, 900 VA non subsidi, daya 1300 VA, R-1 Rumah tangga kecil dengan daya 2200 VA, R-1 Rumah Tangga menengah dengan daya 3.500-5.500 VA, R-1 Rumah tangga besar dengan daya 6.600 VA ke atas‎.

"Sebetulnya banyak segmen R 1," kata Iwan di DPR, Senin (28/1).

Iwan menjelaskan atas banyaknya golongan pelanggan listrik rumah tanggan tersebut, PLN berencana melakukan penyederhanaan golongan pelanggan, sehingga nantinya golongan pelanggan rumah tangga hanya ada dua saja. "Dulu kan beda-beda. Sekarang inginya dibedakan cuma disubsidi dan tidak disubsidi," tuturnya.

Iwan melanjutkan, untuk menerapkan penyederhanaan golongan tersebut, PLN masih akan disosialisasikan dan menunggu perubahan‎ peraturan. Namun, rencananya akan dilakukan pada tahun ini.

"Pengennya kita tahun ini.‎ Cuma menunggu perubahan peraturan, golongan ada perturannya," tutup Iwan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement