Ahad 20 Jan 2019 10:43 WIB

Rumah Marketer, Pemasar Produk UKM Depok

Banyak UKM punya produk bagus, legalitas ada namun kerap terbentur masalah pemasaran.

Rep: Mgrol118/ Red: Andi Nur Aminah
Chairul Saleh, owner Rumah Marketer, Depok
Foto: Mgrol118
Chairul Saleh, owner Rumah Marketer, Depok

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sebuah inovasi pemasaran produk Usaha Kecil Menengah (UKM) kini hadir di Depok. Namanya Rumah Marketer (RM). RM awalnya berdiri secara online atau daring pada November 2018. Namun, sejak Desember 2018, RM sudah memiliki kios yang berlokasi di Bumi Sawangan Indah, Pengasinan, Sawangan, Depok.  

Pemilik sekaligus pendiri RM, Chairul Saleh, mengatakan, produk yang ada di RM didapat langsung dari produsen, bukan dari distributor. Chairul mengaku, sebagai pengajar digital marketing di UKM Kota Depok, selama berinteraksi dan berbagi ilmu itu, dia mendapati fakta banyak UKM pada saat itu mengeluhkan masalah pemasaran.

“Produksi banyak, produksi bagus, legalitas sudah selesai. Tapi ketika mau dijual, itu yang susah. Akhirnya, dengan adanya di masalah pemasaran itu, saya punya ide untuk menyediakan media pemasarannya,” ungkap pria asal Pekalongan, Jawa Tengah ini saat ditemui Republika.co.id, Sabtu (19/1).

RM fokus memberikan pelayanan kepada mitranya dalam pemasaran. Secara daring, penjualan produknya bisa diakses melalui website yang beralamat di www.oleholehdepok.id. Selain itu, RM pun hadir di market place dan media sosial. "Kalau offline, kita buka kios di tempat ini dan memanfaatkan kegiatan bazar,” ujar Chairul yang juga pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Palmerah ini. 

photo
Kegiatan Bazar Serbu yang menjual produk dengan harga Serba Lima Ribu digelar Rumah Marketer belum lama ini.

Selain jasa pemasaran, RM juga memiliki program sejumlah program. Di antaranya monitoring dan evaluasi, jasa foto produk, konsultasi desain kemasan, serta pengurusan legalitasnya. Chairul menyampaikan, masyarakat yang ingin bergabung menjadi mitra RM, syaratnya harus memiliki produk sendiri dan membayar sejumlah iuran bulanan.

Pada 2019 ini, RM memiliki sembilan program marketing. Kesembilan program itu antara lain promo ongkos kirim (ongkir) se Jabodetabek, gratis ongkir minimal pembelian dua bungkus khusus wilayah Depok, program dicari 315 ibu tangguh Kota Depok, bazar, remaja masjid preneur, dan fun cooking.  

Sejak mulai dirintis, Chairul mengaku, saat ini RM memiliki mitra sekitar 70 orang. Produknya yang dipasarkan umumnya masih kuliner. "Insya Allah Februari nanti kita akan membuka untuk fashion dan craft,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat, rencananya RM pun akan mengelola UKM center yang ada di salah satu mal di Kota Depok. Chairul menyampaikan, jika ada peluang, tidak menutup kemungkinan RM yang dibinanya nanti akan hadir di luar Kota Depok.

“Saya berharap Rumah Marketer memiliki peran dan kontribusi yang positif bagi UKM, khususnya dalam pemasaran dan distribusi produk,” ujar Chairul yang juga pemilik bisnis online Jilbab Vania.

photo
Rumah Marketer Depok

Salah satu mitra RM, Nurzakiah Caniago mengatakan, dia memilih bermitra dengan RM salah satu alasannya karena pemasaran lewat www.oleholehdepok.id lebih spesifik memasarkan produk dari Kota Depok. Nurzakiah, pemilik brand Rendang Makcik Roza mengatakan, akan lebih mudah mencari produk terutama bagi konsumen di wilayah Depok. Apalagi dengan berbelanja di RM, konsumen cukup berbelanja dua item produk saja sudah bisa menikmati fasilitas bebas ongkos kirim.

Alasan lain Makcik, demikian ibu yang berdomisili di Pamulang Elok ini mengatakan, karena dia sudah mengenal kinerja Chairul sebelumnya. Jauh sebelum RM ada, dia sudah mengenal founder RM itu dan memasarkan produk Rendang Makcik Roza. Perkenalan itu pun cukup memberi andil dengan kenaikan omset dagangan Makcik.

"Kita perlu waktu menilainya, karena mengelola produk yang begitu beragam tentu tidak gampang untuk menentukan pasarnya," kata Makcik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement