Sabtu 29 Dec 2018 13:13 WIB

Padi Inpago 8 di Tojo Una Una Ditanam di Lahan Kering

Pengembangan padi gogo dukung keberhasilan program swasembada beras

Red: EH Ismail
 Bupati Lahay melakukan tanam perdana padi gogo varietas Inpago 8 di lahan kering.
Bupati Lahay melakukan tanam perdana padi gogo varietas Inpago 8 di lahan kering.

REPUBLIKA.CO.ID, AMPANA - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui program Upaya Khusus Padi Jagung Kedelai (Upsus Pajale), melakukan percepatan realisasi Luas Tambah Tanam (LTT) padi di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Sebagai implementasi strategi Upsus Pajale ini, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten melakukan Ekstensifikasi Tanaman Padi pada Lahan Kering Menuju Swasembada Beras Kabupaten Tojo Una Una (Touna), Jumat (28/12).

Dalam sambutan, Bupati Touna Mohammad Lahay mengatakan, Kabupaten yang dipimpinnya sedang berupaya meningkatkan sektor pertanian, perikanan, dan pariwisata sebagai penyokong sumber pendapatan utama Kabupaten Touna.

"Sektor pertanian memberikan kontribusi yang tertinggi yaitu 33,98 persen dari pendapatan daerah. Dan diharapkan akan terus meningkat karena potensinya yang cukup besar,” kata Lahay.

Ia menjelaskan, pada tahun ini dari lahan sawah existing 680 hektare, sudah ditingkatkan 221 persen menjadi 1.800 hektare. Sementara potensi lahan kering sekitar 38 ribu hektare masih belum digarap secara optimal. Pengembangan padi gogo di lahan kering diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani dan menyumbang keberhasilan program pemerintah dalam rangka pencapaian swasembada beras di Kabupaten Touna.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lahay melakukan tanam perdana padi gogo varietas Inpago 8 di lahan kering, dan menyerahkan alsintan berupa traktor roda empat, combine harvester, dan alat tanam bantuan dari Menteri Pertanian kepada kelompok tani.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan Kabupaten Tojo Una Una Muhammad Nur Rahmat mengatakan, pihaknya telah melaksanakan perbanyakan benih padi gogo varietas Inpago 8 sebanyak 2 ton. Diharapkan benih yang disediakan dapat mencapai jumlah 228 ton. Sementara kebutuhkan benih untuk Kabupaten Touna adalah 112 ton, sehingga surplus benih padi gogo.

"Ke depan target kami selain sebagai sentra benih padi ladang, Kabupaten Touna juga dapat menutupi defisit beras 13 ribu ton atau menghemat Rp 133 miliar,” kata Rahmat.

Kebutuhan beras Kabupaten Tojo Una Una sebesar 20 ribu ton, sedangkan produksi saat ini hanya 7 ribu ton.

Mengenal Varietas Padi Inpago 8

Varietas padi ladang Inpago mulai dikembangkan di Kabupaten Tojo Una Una pada tahun 2018. Benih Inpago 8 yang berasal dari BB Padi telah diperbanyak oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tojo Una Una dengan melibatkan Balai Benih setempat atas inisiasi Penanggungjawab Provinsi Sulteng Upsus Pajale, Prof  Dedi Nursyamsi dan BPTP Sulteng.

Inpago Varietas Inpago 8 merupakan salah satu varietas inbrida yang dikhususkan untuk lahan kering dan memiliki potensi yang cukup tinggi di atas 6 ton per hektare.

Varietas padi gogo Inpago 8 adalah salah satu varietas padi gogo unggulan dari Badan Litbang Pertanian yang telah dikembangkan Kementan di beberapa Provinsi. Potensi yang dimiliki varietas Inpago sangat menjanjikan, karena varietas padi gogo lainnya hanya memiliki produktivitas rata-rata di bawah 6-7 ton per hektar.

Selesai melaksanakan tanam perdana, Bupati Lahay berkesempatan meresmikan Kantor BPP Kecamatan Ampana Kota dalam rangka mengoptimalkan dan meningkatan kineja para penyuluh lapang di Kab. Touna.

Selain Bupati, kegiatan Ekstensifikasi Tanaman Padi pada Lahan Kering juga dihadiri Penanggungjawab Provinsi, Upsus Pajale, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Muspida, Kepala BPTP Sulteng, Kelompok Tani, dan Babinsa se-Kecamatan Ampana Kota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement