Kamis 27 Dec 2018 16:21 WIB

PT KAI Ganti Ratusan Kereta Berusia Tua

Penggantian dan penambahan jumlah kereta akan dilakukan mulai 2019.

Red: Nur Aini
Ilustrasi kereta api
Foto: ANTARA FOTO
Ilustrasi kereta api

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- PT Kereta Api Indonesia Persero (KAI) akan mengganti ratusan kereta yang sudah berusia tua atau di atas 30 tahun.

"Untuk tahun 2019, rencananya kami akan mengganti dan menambah jumlah kereta," kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di sela kunjungannya di Stasiun Solo Balapan, Kamis (27/12).

Ia mengatakan, ada 886 kereta yang usianya lebih dari 30 tahun. Untuk penggantian dan penambahan tersebut, pihaknya tetap melakukan kerja sama dengan PT Industri Kereta Api Persero (Inka).

"Sejauh ini baru disepakati pemesanan sebanyak 438 kereta. Nanti berangsur-angsur akan ada kereta baru," katanya.

Ia mengatakan penambahan itu berdasar pertimbangan banyaknya pengguna kereta api pada 2017, yaitu mencapai 393 juta pengguna. Ia memprediksi angka tersebut akan terus meningkat.

"Prediksi kami keberadaan tol tidak mengurangi jumlah penumpang KA, karena saat ini penumpang sudah meningkat tajam. Dalam hal ini tol dengan infrastruktur lain saling membantu menghadapi lonjakan jumlah penumpang," katanya.

Menurut dia, penambahan jumlah kereta api tersebut merupakan salah satu langkah pemerintah untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Khusus untuk di Stasiun Solo Balapan, dikatakannya, pemerintah juga tengah menata area parkir.

Edi mengatakan penataan area parkir di Stasiun Solo Balapan sangat efektif memecah kepadatan arus parkir periode Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Hal itu mengingat tingkat kepadatan kendaraan khususnya sepeda motor sangat tinggi.

Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan penataan area parkir tersebut dapat mengurai tingkat kepadatan kendaraan hingga 40 persen. Adapun perluasan area untuk parkir tersebut, katanya, dilakukan di lahan yang saat ini digunakan untuk mess karyawan PT KAI, yaitu Mess Ratna dan Wisma Lawu yang berada di sebelah selatan Stasiun Balapan.

"Kedua area ini memiliki luas kurang lebih 970 meter persegi. Jika ditambah dengan area parkir lama, lahan bisa mencapai 13.300 meter persegi," katanya. Ia mengatakan Mess Ratna dan Wisma Lawu rencananya akan direlokasi ke Stasiun Purwosari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement