Selasa 04 Dec 2018 08:02 WIB

Cina Sepakati Pendanaan Proyek untuk Panama

Cina dan Panama menandatangani 19 perjanjian kerja sama

Panama
Foto: Huffingtonpost
Panama

REPUBLIKA.CO.ID, PANAMA CITY -- Panama dan Cina pada Senin (3/12) menandatangani 19 perjanjian kerja sama mengenai perdagangan, prasarana, perbankan, pariwisata dan sektor-sektor lain. Penandatanganan perjanjian ini dilakukan di sela-sela lawatan Presiden China Xi Jinping ke negara itu.

Kedua negara tersebut membuka hubungan diplomatik tahun lalu. Xi tiba pada Ahad (2/12) malam di Panama City untuk kunjungan 24 jam pada saat Cina meluaskan pengaruhnya di Amerika Tengah.

Setelah pembicaraan empat mata, Xi dan Presiden Panama Juan Carlos Varela menandatangani 19 perjanjian tersebut. Termasuk satu perjanjian bahwa Cina akan menyediakan bantuan yang tak perlu diganti kepada Panama untuk melaksanakan berbagai proyek, walaupun jumlahnya tak disebutkan.

Perjanjian tersebut meliputi perjanjian ektradisi dan kesepakatan mengenai komersial, turis dan pendidikan.

Varela mengucapkan terima kasih kepada pemimpin Cina itu atas kunjungannya. Ia juga mengingatkan kembali ketika membuka pameran impor di Cina pada November, Xi mengatakan kepadanya ekonomi Cina merupakan samudera.

"Saya ingin melengkapi kata-kaya itu dengan mengatakan Panama menghubungkan dua samudera, kunjungannya mengonsolidasikan negaranya sebagai perpanjangan komersial dan pintu gerbang Cina ke Amerika Latin," kata Varela dalam pidato yang disiarkan televisi.

Pada Juli tahun lalu, Panama memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan dan sebaliknya menjalin hubungan dengan Cina. Tahun ini, Republik Dominika dan El Salvador melakukan langkah yang sama, dan negara-negara lain di kawasan itu segera mengikuti Panama, Republik Dominika dan El Salvador.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement