Senin 03 Dec 2018 16:26 WIB

BCA Targetkan 3,5 Juta Kartu Kredit Hingga Akhir Tahun 

NPL kartu kredit masih dalam batas wajar.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Friska Yolanda
BCA
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
BCA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Central Asia targetkan pencapaian 6,8 juta kartu kredit hingga akhir tahun 2018. Direkur BCA Santoso menyampaikan data per Oktober untuk kartu kredit secara total yakni 3,3 juta kartu. 

"Pencapaian target hingga Oktober, total kartu kredit kita mencapai 3,3 juta kartu. Kita harapkan bisa mencapai 3,5 juta kartu hingga akhir tahun ini," kata Santoso saat peluncuran kartu kredit baru di Jakarta, Senin (3/12). 

Sementara untuk volume transaksi dalam periode sama yakni mencapai lebih dari Rp 60 triliun dengan pertumbuhan kartu delapan persen. Target hingga akhir tahun, tambah Santoso, di kisaran Rp 68 triliun dengan persentase pertumbuhan 13 persen.

BCA dan Singapore Airlines (SQ) baru saja meluncurkan lagi kartu kredit spesial travel, Singapore Airlines Krisflyer Infinite. Kartu kredit ini diharapkan bisa menambah pencapaian dan melengkapi dua kartu pendahulunya, BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite dan BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature dengan pangsa pasar premium.

Santoso mengatakan dua kartu terdahulu secara total telah berjumlah sekitar 213 ribu kartu dengan volume transaksi sekitar Rp 9,7 triliun per Oktober.

"Pertumbuhan kartu cukup bagus 29 persen dari sisi volume transaksi dan sekitar 38 persen dari jumlah kartu," katanya.

Hingga akhir tahun ini, BCA menargetkan capaian 240 ribu kartu dengan kehadiran kartu baru, Singapore Airlines Krisflyer Infinite. Ia optimis pertumbuhan kartunya bisa 29 persen untuk tahun ini dan minimal 20 persen untuk tahun depan.

Secara portofolio, kartu kredit umum BCA lebih banyak digunakan di dalam negeri. Hanya 10 persen yang digunakan di luar negeri. Namun untuk kartu spesial travel ini, penggunaan di luar negerinya mencapai 30 persen. 

Sehingga kartu Krisflyer memang menarik bagi nasabah yang sering bepergian ke luar negeri. Dengan banyaknya transaksi dan produk, Santoso memastikan NPL kartu kredit masih dalam batas wajar.

"NPL kartu kredit tidak mengkhawatirkan, ada sedikit kenaikan tapi tidak mengkawatirkan, dulu 1,8 persen, pada akhir tahun sekitar dua persen," katanya.

Kartu Kredit BCA Singapore Airlines KrisFlyer Infinite adalah Kartu Kredit BCA Visa dan merupakan produk ketiga yang diterbitkan oleh BCA bekerja sama dengan Singapore Airlines sebagai partner Co-Brand. General Manager KrisFlyer Partnerships Jeanette Lee mengatakan kartu ini memungkinkan nasabah melakukan pembayaran tanpa hambatan di luar negeri dan menerima manfaat KrisFlyer miles sebagai imbalan.

"Keunggulan langsung dari kartu ini adalah nasabah mendapatkan KrisFlyer miles yang lebih cepat setiap bertransaksi, yang kemudian dapat ditukarkan dengan tiket Singapore Airlines," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement