Jumat 16 Nov 2018 16:03 WIB

Pencapaian Target SDG's Perlu Peran Dunia Usaha

Kerja sama lebih banyak difokuskan mengenai kelautan

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Jusuf Kalla
Foto: AP/Olivier Matthys
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Co-Chair Advisory Board Perhimpunan Filantropi Indonesia Erna Witoelar mengatakan, target dalam Sustainable Development Goals (SDG's) tidak dapat dicapai tanpa bantuan dunia usaha dan pihak swasta. Oleh karena itu, United Nation Global Compact menjalin kerja sama dengan dunia usaha di Indonesia untuk mendukung program SDG's tersebut.

"Kerja sama lebih banyak difokuskan mengenai kelautan, jadi menggalang kerja sama kelautan dengan beberapa donor maupun dunia usha yang mendukung," ujar Erna ketika ditemui di Istana Wakil Presiden, Jumat (16/11).

Erna menjelaskan, pencapaian target SDG's tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja namun perlu kerja sama dengan dunia usaha. Adapun United Nations Global Compact merupakan organisasi yang memiliki jaringan cukup kuat dengan dunia usaha maupun swasta.

"Sangat penting peran dunia usaha, organisasi filantropi, dan LSM untuk bisa tercapai (SDG's)," kata Erna.

(Baca: Wapres JK Terima CEO United Nations Global Compact)

Sebelumnya, Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla menerima CEO and Executive Director United Nations Global Compact Lise Kingo. Dalam pertemuan tersebut, Kingo membahas mengenai program-program berkelanjutan untuk mewujudkan Sustainable Development Goal's (SDG's).

Kingo menjelaskan tentang United Nations Global Compact yang merupakan lembaga inisiator bisnis berkelanjutan terbesar di dunia.

"Kami di sini ingin bekerja sama dengan pihal swasta dalam mewujudkan tujuan-tujuan (berkelanjutan) dunia," ujar Kingo di Istana Wakil Presiden, Jumat (16/11).

Kingo mengatakan, United Nations Global Compact ingin menggerakkan bisnis perekonomian di seluruh dunia untuk bersama-sama menciptakan pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu, United Nations Global Compact aktif menggandeng jaringan bisnis lokal untuk mewujudkan tujuan pembangunan tersebut.

"Kami menawarkan ke beberapa perusahaan baru untuk bergabung bersama kami, menuju dunia seperti yang kita harapkan," kata Kingo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement