Rabu 14 Nov 2018 19:37 WIB

Penerbangan Domestik Garuda Grup akan Miliki Fasilitas Wi-Fi

Garuda menyediakan 50 MB untuk penumpang.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Dwi Murdaningsih
Direktur Layanan Garuda Indonesia Nicodemus P. Lampe (kedua kanan) berbincang dengan Direktur Utama Mahata Aero Technology M. Fitriansyah (kanan), Direktur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo (kiri) dan Direktur Tekhnik Garuda Indonesia I Wayan Susena (kedua kiri) usai mengumumkan kerjasama peluncuran fasilitas free inflight connectivity di Jakarta, Rabu (14/11).
Foto: Republika/Prayogi
Direktur Layanan Garuda Indonesia Nicodemus P. Lampe (kedua kanan) berbincang dengan Direktur Utama Mahata Aero Technology M. Fitriansyah (kanan), Direktur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo (kiri) dan Direktur Tekhnik Garuda Indonesia I Wayan Susena (kedua kiri) usai mengumumkan kerjasama peluncuran fasilitas free inflight connectivity di Jakarta, Rabu (14/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Garuda Indonesia Grup saat ini sudah bekerja sama dengan PT Mahata Aero Teknologi (Mahata) untuk menyediakan fasilitas Wi-Fi saat penerbangan di pesawat. Direktur Layanan Garuda Indonesia Nicodemus P Lampe mengatakan, fasilitas layanan Wi-Fi tersebut akan disediakan di semua rute domestik Garuda Indonesia dan Citilink Indonesia.

Nicodemus memastikan layanan Wi-Fi di dalam pesawat tersebut akan diberikan secara gratis. “Ini gratis, tapi tetap ada sih batasnya, nggak mungkin seperti di darat,” kata Nicodemus di Kantor Pusat Garuda Indonesia, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (14/11).

Dia menjelaskan, kuota sebesar 50 megabita (MB) per penumpang untuk semua kelas di setiap penerbangan domestik. Meskipun ada fasilitas tersebut, Nicodemus memastikan tidak ada penambahan tarif tiket untuk Garuda Indonesia atau Citilink Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurthjajo mengatakan, fasilitas Wi-Fi gratis tersebut akan dilakukan bertahap. “Nantinya, akan dinimkati percuma untuk penerbangan Garuda dan Citilink dilakukan bertahap dan dimulai pada akhir tahun ini, lebih tepatnya 28 Desember 2018,” kata Juliandra.

Juliandra mengatakan, khusus Citilink Indonesia pada Desember 2018 akan menerapkan fasilitas Wi-Fi pada satu pesawat terlebih dahulu. Lalu, hal tersebut dilakukan secara bertahap satu bulan sebanyak satu pesawat yang memberikan layanan Wi-Fi pada 2019.

Sementara, untuk Garuda Indonesia, Juliandra menjelaskan, fasilitas Wi-Fi gratis akan diterapkan di penerbangan domestik pada dua tipe pesawat. “Garuda ini pesawatnya Boeing 737 dan diutamakan melayani domestik dan di Airbus 330 yang sebagian melayani domestik,” ucap Juliandra.

Dengan melakukan persiapan terlebih dahulu, Juliandra memastikan Garuda Indonesia membutuhkan waktu selama enam bulan. Dengan begitu, diperkirakan pada 2019 baru terdapat delapan pesawat Garuda Indonesia yang melayani Wi-Fi gratis.

Sementara itu, Direktur Utama Mahata M Fitriansyah mengatakan, fasilitas penerbangan dalam negeri merupakan alat transportasi tercepat bagi penduduk Indonesia yang tinggal di berbagai pulau di Indonesia. Menurutnya, dengan adanya Wi-Fi gratis di dalam pesawat akan menjadi awal baru untuk revolusi pengalaman penerbangan selanjutnya.

Sebelumnya, pada 2013 Garuda Indonesia bekerja sama dengan beberapa penyedia layanan. Garuda Indonesia menyediakan layanan Wi-Fi pada seluruh armada B777-300ER dan beberapa jajaran armada Airbus A330 Garuda Indonesia yang digunakan untuk melayani rute-rute penerbangan internasional. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement