Selasa 23 Oct 2018 17:19 WIB

Pertamina Distribusikan 429 Konverter Kit Nelayan Kepri

Ini demi menyukseskan pengalihan penggunaan bahan bakar minyak ke bahan bakar gas.

Pertamina
Pertamina

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I mendistribusikan 429 paket konverter kit untuk nelayan di Provinsi Kepulauan Riau. Ini demi menyukseskan program pemerintah mengalihkan penggunaan bahan bakar minyak menjadi bahan bakar gas.

"Sesuai instruksi pemerintah, Pertamina telah melaksanakan pembagian paket konverter kit kepada para nelayan secara bertahap sejak bulan Oktober tahun 2017," kata Unit Manager Communication dan CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I, Rudi Ariffianto dalam pesan aplikasi di Batam, Kepulauan Riau, Selasa (23/10).

Konverter kit merupakan rangkaian komponen untuk mengubah pemakaian bahan bakar minyak ke bahan bakar gas, yang dimasukkan ke dalam ruang bahan bakar pada mesin. Ia mengatakan distribusi paket perdana elpiji tiga kilogram di Kepulauan Riau, merupakan bagian dari penugasan Pemerintah kepada Pertamina untuk melaksanakan konversi BBM ke bahan bakar gas bagi nelayan, dengan harapan nelayan dapat menghemat biaya bahan bakar untuk melaut.

Di Kepri, sebanyak 429 paket itu dibagikan ke beberapa pelabuhan rakyat yang ada di Batam, tepatnya di Tanjung Riau, Pandan Bahari, Tanjung Piayu, dan Gundap. Dalam kesempatan itu, Rudi menjelaskan, sesuai Perpres No.126 Tahun 2015 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Penetapan Harga LPG untuk Kapal Perikanan bagi Nelayan Kecil, konverter kit hanya dibagikan kepada nelayan dengan kriteria, memiliki kapal ukuran di bawah lima Gross Tonnage (GT), berbahan bakar bensin atau solar dan memiliki daya mesin di bawah 13 Horse Power (HP).

"Paket yang diperuntukan bagi nelayan kecil di Kepulauan Riau terdiri dari regulator untuk tekanan tinggi pada tabung elpiji, regulator untuk tekanan rendah untuk tabung elpiji, selang karet untuk mesin, tabung elpiji tiga kilogram, serta konverter kit BBM ke BBG dan mesin kapal," kata dia.

Selain Kepri, Pertamina MOR I juga membagikan 1.042 paket konverter kit kepada nelayan di Sumatera Utara yang tersebar di Kabupaten Labuhan Batu 197 paket, Kabupaten Tapanuli Tengah 420 paket, Kabupaten Labuhan Batu Utara 59 paket, Kabupaten Mandailing Natal 315 paket, dan Kabupaten Samosir 51 paket.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement