Jumat 19 Oct 2018 16:06 WIB

Surveyor Indonesia Jadi Operator 37 Jembatan Timbang

Perseroan menyediakan solusi bagi truk bermuatan berlebih.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolanda
Ilustrasi jembatan timbang
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi jembatan timbang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Surveyor Indonesia (Persero) saat ini sudah menjadi operator sejumlah jembatan timbang. Kepala Divisi Bisnis Penguatan Institusi dan Kembagaan Surveyor Indonesia Firza Mahdar mengatakan saat ini sebanyak 37 jembatan timbang dikelola bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Setelah mendapatkan kepastian tersebut, Firza memastikan Surveyor Indonesia juga melakukan pengembangan pada jembatan timbang yang dikelola. "Akhirnya kami bersama Kemenhub mengembangkan transfer muatan jadi disediakan truk-truk untuk mengangkut barang-barang yang lebih," kata Firza di Graha Surveyor Indonesia, Jumat (19/10).

Dia menjelaskan untuk penggunaan truknya diberikan pilihan kepada transportir atau pemilik barang. Jika tidak, kqta dia, Kemenhub juga bekerja sama dengan ritase.com yang merupakan start up yang menyediakan armada truk di dekat lokasi jembatan timbang. 

Pemilik barang harus membayar truk yang digunakan untuk mengangkut barang atau muatan berlebih yang diturunkan di jembatan timbang. "Jadi nanti ditransfer muatannya ke truk itu. Jadi bukan pemerintah yang menyediakan tapi dipersilakan untuk memilih," tutur Firza.

Pada intinya, lanjut dia, Surveyor Indonesia bersama Kemenhub menginginkan pengangkutan muatan truk di jalan sesuai dengan standar. Hal itu dilakukan dengan menyediakan solusi berupa truk tambahan sehingga aturan penindakan kelebihan muatan dan dimensi bisa dijalankan. 

Sejak awal mengoperasikan jembatan timbang, Firza mengaku Surveyor Indonesia mengalami kendala karena penerapan digitalisasi juga baru dijalankan. "Hambatan kita dapatkan tapi dengan cara sopan santun kalau kita sekarang punya aturan. Cuma kalau aturan ditegakkan terlalu keras, masing-masing daerah karakternya berbeda-beda," ujar Firza. 

PT Surveyor Indonesia (Persero) resmi operatori sejumlah jembatan timbang setelah bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Direktur Utama Surveyor Indonesia Dian M Noer mengatakan hal tersebut resmi setelah memenangkan lelang yang dilakukan pemerintah. 

"Kita sudah masuk di beberapa titik artinya sudah menang lelanh untuk jembatan timbang di beberapa titik di Jawa terutama," kata Dian di Graha Surveyor Indonesia, Jumat (19/10).

Baca juga, Surveyor Indonesia Perkuat Digitalisasi Jembatan Timbang

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement