Selasa 16 Oct 2018 10:47 WIB

Pasar Saham AS Melemah, IHSG Berpeluang Menguat

IHSG dibuka menguat ke posisi 5.737,94

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
IHSG Menguat. Layar besar menunjukan pergerakan indeks saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. ilustrasi.
Foto: Republika/ Wihdan
IHSG Menguat. Layar besar menunjukan pergerakan indeks saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bursa saham dibuka menguat pada perdagangan pagi ini, Selas (16/10). Penguatannya sebesar 0,19 persen atau 10,69 poin di 5.737,94.

Sekitar pukul 10.00 WIB, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terpantau masih di zona hijau. Dengan kenaikannya mencapai 0,25 persen atau 14,16 poin di 5.741,41.

Samuel Sekuritas Indonesia mengatakan, indeks saham berpeluang menguat tipis hari ini. Salah satu pendorongnya yakni adanya pelemahan pada bursa Amerika Serikat (AS) serta EIDO semalam.

"Bursa AS ditutup melemah pada perdagangan terakhirnya," tulis Samuel Sekuritas Indonesia dalam laporan hariannya, Selas (16/10).

Dijelaskan, sentimen cenderung mixed antara ekspektasi kinerja emiten pada kuartal III 2018 yang cukup baik dan kekhawatiran kenaikan suku bunga serta perang dagang yang bisa berimbas pada penguatan dolar AS juga profitabilitas emiten.

Selain itu, Samuel Sekuritas pun menyebutkan, data penjualan ritel AS tercatat di bawah ekspektasi. Ada pula sentimen negatif dari kasus kematian Khashoggi yang bisa mendorong AS mengenakan sanksi ke Saudi Arabia.

"Itu berpotensi menimbulkan ketegangan di kawasan tersebut. Bisa pula meningkatkan harga minyak," tutur tim riset Samuel Sekuritas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement