Jumat 05 Oct 2018 16:12 WIB

Pelindo IV Targetkan Makassar New Port Jadi Hub di Timur

Makassar New Port ditargetkan mampu memotong 50 persen biaya logistik.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolanda
Pekerja melakukan penyelesaian pembangunan Makassar New Port di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (5/10).
Foto: Antara/Yusran Uccang
Pekerja melakukan penyelesaian pembangunan Makassar New Port di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (5/10).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Pelindo IV (Persero) berencana menjadikan pelabuhan Ultimate Makassar New Port di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai hub ekspor di kawasan Indonesia bagian timur.

"Peredaran barang itu di Indonesia timur sekarang Makassar menjadi hub," kata Direktur Utama Pelindo IV Farid Padang di kawasan pengembangan pelabuhan Makassar New Port, Makassar, Sulbar, Jumat (5/10).

Ia menjelaskan Makassar New Port ditargetkan menjadi terminal peredaran barang dari dan ke wilayah lain di Indonesia bagian timur, bahkan ekspor. Saat ini, ia mengatakan Pelindo IV memiliki 27 cabang, terdiri dari tujuh peti kemas dan beberapa multipurpose.

Makassar New Port ditargetkan mampu memotong 50 persen biaya logistik yang biasanya digunakan untuk pengiriman. Sebab, barang-barang yang dikirim ke Indonesia bagian timur tidak perlu lagi melalui Pelabuhan Tanjung Priuk di Jakarta Utara dan Tanjung Perak di Jawa Timur. Ia merancang kluster hub Makassar mampu menghubungkan Maluku-Maluku Barat, Papua-Papua Barat, Sulawesi semua, Tanjung Tabalong-Kalimantan Utara.

"Kita ubah sekarang bagaimana Indonesia timur itu menjadi hub Makassar," ujar dia.

Sebab, dermaga Makassar New Port memiliki panjang 362 meter dengan kedalaman 16 meter. Dengan kondisi tersebut, dermaga mampu mengangkut 50 ribu TEUs. Sementara dermaga Seokarno Hatta yang ada saat ini, hanya memiliki panjang sekitar 11 meter. Kondisi itu hanya mampu menampung 250-5.000 TEUs. Ia menegaskan prinsipnya Makassar New Port mampu mengefisiensikan pengiriman logistik yang per kontainernya senilai 200 dolar Amerika Serikat (AS).

"Ke depan ini bisa jadi pelabuhan ekspor. Karena besar, bisa jadi zona industri," tutur Farid.

Pelindo IV berencana meluncurkan sebagian Tahap I Fase A (1A) sebagai bagian dari proyek pelabuhan Ultimate Makassar New Port di Kota Makassar, Sulawesi Barat (Sulbar). Peluncuran Tahap 1A rencaranya dilakukan pada akhir Oktober 2018 mendatang.

Tahap 1A ini diluncurkan dermaga sepanjang 362 meter dari total luas 1.482 hektare berdasarkan rencana Ultimate Makassar New Port. Pembangunan Ultimate Makassar New Port dimulai sejak 2015 yang merupakan salah satu proyek prioritas pemerintah. Proyek tersebut ditargetkan selesai pada 2025. 

Baca juga, Tahap IA Ultimate Makassar New Port Selesai Akhir Oktober

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement