Rabu 03 Oct 2018 19:26 WIB

BRIsyariah Ekspansi Layanan Kepada Institusi Pendidikan

BRIsyariah menjalin kerja sama dengan tiga universitas terkait penyediaan layanan.

BRIsyariah menjalin kerja sama dengan tiga universitas di Bangka Belitung.
Foto: BRIsyariah
BRIsyariah menjalin kerja sama dengan tiga universitas di Bangka Belitung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKA BELITUNG -- Setelah IPO pada Mei 2018 lalu, BRIsyariah semakin membuktikan komitmennya. Salah satunya dalam memperluas jangkauan serta mengembangkan jaringan layanan perbankan syariah di Indonesia.

Dalam mengembangkan jaringannya, BRIsyariah juga terus meningkatkan kerja sama dengan institusi baik dari pemerintah maupun swasta. Kali ini BRIsyariah menjalin kerjasama sekaligus dengan tiga Universitas di Bangka Belitung, Pangkal Pinang yaitu Universitas Bangka Belitung (UBB), Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Sidik Bangka Belitung (IAIN SAS) dan Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (POLMAN).

BRIsyariah menjalin kerja sama dengan tiga universitas tersebut terkait penyediaan layanan jasa dan produk perbankan syariah. Kerja sama ini dikukuhkan dalam acara penandatangan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan pada hari Rabu (3/10) di Aula Universitas Bangka Belitung, Pangkal Pinang. Acara penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Dr. Ir. Muh Yusuf, M.Si selaku Rektor Universitas Bangka Belitung, Prof. Dr. Zayadi M.Ag selaku Rektor Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, dan Sugeng Ariyono, M. Eng, Ph.D selaku Direktur Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung dan Wildan selaku Direktur Operasi BRIsyariah.

Dengan kerja sama ini, ketiga institusi mendapatkan kemudahan dalam memanfaatkan layanan perbankan syariah, mulai dari pengenalan layanan jasa dan produk perbankan, pelayanan penggunaan produk-produk penghimpunan dana pihak ketiga BRIsyariah seperti deposito, giro dan tabungan, layanan sistem pengelolaan keuangan atau yang dikenal dengan Cash Management System (CMS), di mana pengelolaan keuangan ketiga institusi tersebut dapat dilakukan secara online, serta kerja sama lainnya seperti payroll gaji, data base management, hingga pemberian pembiayaan.

Selain itu, sebagai salah satu bentuk kontribusi BRIsyariah dalam memperkenalkan bank syariah ke mahasiswa, fasilitas mini banking melalui kerja sama ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk belajar mengenai operasional kegiatan perbankan. Sementara bagi BRI syariah sendiri, melalui kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan penghimpunan Dana Pihak Ketiganya melalui tabungan mahasiswa, tenaga pengajar dan karyawan, giro institusi, serta peningkatan portofolio pembiayaan melalui pemberian pembiayaan kepada tenaga pengajar dan karyawan ketiga institusi pendidikan tersebut.

“BRIsyariah juga sadar dengan tantangan yang dihadapi, yakni bagaimana bisa melayani generasi milenial yang sangat haus layanan berbasis teknologi. Berbagai upaya kreatif terus dilakukan agar BRIsyariah dapat menjadi bank syariah terdepan dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan menjalin kerja sama bersama institusi-institusi pendidikan diharapkan BRIsyariah terus dapat menerima masukan dari mahasiswa. Masukan ini sangat berguna bagi pengebangan layanan jasa dan produk BRIsyariah ke depan,” ujar Direktur Operasi BRIsyariah Wildan saat ditemui usai penandatanganan MoU, seperti dalam siaran persnya.

Selain kerja sama dengan institusi-institusi pendidikan, BRIsyariah juga menurut Wildan telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, baik institusi pemerintah maupun perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia. Hal ini membuktikan BRIsyariah dapat meyakinkan lembaga atau perusahaan lain untuk menjatuhkan pilihannya ke BRIsyariah untuk mendapatkan layanan terbaik dari BRIsyariah sebagai bank syariah ritel modern.

Hingga bulan September 2018, khusus pembayaran SPP, BRIsyariah telah menjalin kerja sama dengan 71 instansi pendidikan, baik negri maupun swasta. Sementara, sejak dipercaya sebagai Bank Penyalur Gaji Pegawai Negri Sipil, TNI dan POLRI di akhir tahun 2016 lalu, hingga saat ini tercatat sebanyak 138 Satuan Kerja Pemerintah yang telah mempercayakan penyaluran gaji dan tunjangannya melalui BRI Syariah.

BRIsyariah di Tahun 2018

Di tahun 2018, BRIsyariah mentargetkan perolehan laba dapat tumbuh 100-125 persen dibanding perolehan laba tahun 2017 dengan target pertumbuhan asset 16-18 persen, penyaluran pembiayaan 18-20 persen serta penghimpunan DPK 7-8 persen. Untuk mencapai target tersebut BRIsyariah akan fokus dalam penyaluran pembiayaan di segmen retail, khususnya konsumer, serta kerjasama dengan induk, Bank BRI.

 

BRIsyariah terus merespon keinginan nasabahnya akan layanan digital yang serba cepat, BRIsyariah juga terus mengembangkan teknologi informasi untuk penguatan digital banking demi memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada nasabah. Hal itu dilakukan dengan peningkatan produk yang sudah ada melalui layanan integrasi dari internet banking BRIS dan mobile banking andalan BRIsyariah yang diberi nama BRIS Online.

Aplikasi ini memudahkan nasabah BRIsyariah untuk memanfaatkan layanan perbankan BRIsyariah, di mana saja, kapan saja, melalui perangkat mobile atau gadget, tanpa perlu mendatangi kantor BRIsyariah. Saat ini terdapat 312 jaringan kantor cabang, kantor cabang pembantu, kantor kas, dan kantor pembantu kas BRIsyariah seluruh Indonesia. Pelayanan juga dilakukan di 1.092 kantor layanan syariah di kantor cabang atau cabang pembantu Bank BRI di seluruh Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement