Sabtu 15 Sep 2018 12:44 WIB

Pelanggan Keluhkan Telkomsel Poin yang Tiba-Tiba Hilang

Banyak yang kehilangan poin saat mengecek aplikasi My Telkomsel.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Friska Yolanda
Pengunjung menyambangi gerai Telkomsel di salah satu venue Asian Games.
Foto: Doc Telkomsel
Pengunjung menyambangi gerai Telkomsel di salah satu venue Asian Games.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah pelanggan Telkomsel mengeluhkan Telkomsel Poin yang menghilang. Telkomsel Poin ialah program yang digulirkan operator Telkomsel bagi pengguna Telkomsel yakni Kartu Halo, Simpati, Kartu As, dan Loop.

Salah satunya dialami Nina Larasati (30 tahun), pengguna Kartu Halo selama 10 tahun. Telkomsel Poin miliknya menghilang atau jumlahnya poinnya menjadi nol yang semula ia perkirakan mencapai seribu poin. Ia mengetahui hal ini ketika hendak menukarkan poinnya ke voucher diskon sebuah restoran.

"Kemarin aku mau menukar poin dengan voucher restoran enggak bisa. Tahunya pas lihat jumlah poinku kok nol padahal sebelumnya ada seribu lebih," ujar Nina kepada Republika.co.id, Sabtu (15/9).

Ia langsung membuka media sosial Twitter untuk mengecek akun resmi Telkomsel. Ia menemukan banyak keluhan sama seperti dirinya. Nina mengatakan, temannya yang merupakan pelanggan Telkomsel pun mengalami hal serupa. Mereka mengetahui jumlah Poinnya nol setelah mengecek di aplikasi My Telkomsel.

Nina langsung menghubungi akun resmi @Telkomsel melalui pesan pribadi (Direct Message) di Twitter. Ia menjabarkan keluhan poinnya yang tiba-tiba menghilang dengan menyebutkan nomor Kartu Halo miliknya. 

Pihak Telkomsel membalas dengan meminta Nina menyebutkan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, serta nominal tagihan terakhir untuk proses pengecekan. Setelah itu, pihak Telkomsel pun memberikan informasi bahwa Nina masih memiliki Poin sejumlah 1.050 poin. Telkomsel pun mengarahkan dia untuk mengecek poin melalui *700# atau aplikasi My Telkomsel.

Namun, setelah melakukan pengecekan, Nina masih belum mendapatkan kembali poinnya yang hilang dan jumlah poin yang ia miliki menunjukkan angka nol. Kemudian, pada Sabtu (15/9) pagi ini, ia mengecek kembali di aplikasi My Telkomsel dan poinnya sudah kembali.

"Mungkinkah aplikasinya yang eror dan bikin banyak orang kaget dengan jumlah poinnya yang jadi nol?" tuturnya.

Ia mengaku, sudah sering memanfaatkan poin tersebut untuk ditukarkan dengan voucher diskon pada mitra yang bekerja sama dengan Telkomsel. Akan tetapi, ia menyesalkan kejadian poin yang menghilang tersebut saat akan ia gunakan.

Hal serupa juga dialami pelanggan Kartu Halo lainnya, yakni Fransisca Eka (28). Ia baru saja membayar tagihan pada Kamis (13/9) dan mengecek poin di aplikasi masih menampilkan jumlah lebih dari 600 poin. Akan tetapi, pada Jumat (14/9) malam, ia mengecek di My Telkomsel, poinnya menjadi nol.

Fransisca langsung mengeluhkan hal tersebut ke akun Twitter @Telkomsel. "Karena sudah malam banget saya buka aplikasinya. Takut kalau menghubungi call centre malam takut enggak ada yang jawab. Saya komplain ke twitternya Telkomsel," paparnya.

Menurut dia, tak lama pihak Telkomsel menanggapi keluhannya. Ia juga diminta melampirkan nomor handphone, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, serta total tagihan Kartu Halo terakhir. 

Ia menerima informasi dari Telkomsel, untuk mengecek Telkomsel Poin melalui *700# karena aplikasi My Telkomsel saat itu sedang mengalami gangguan sementara. Ia mengaku, jumlah Telkomsel Poin miliknya saat ini sudah kembali. Franciska juga berharap agar Telkomsel segera mengatasi masalah aplikasi My Telkomsel.

Pelaggan akan mendapatkan poin setiap melakukan pembayaran Rp 5.000 dalam tagihan bulanan. Pengguna Kartu Halo akan mendapatkan tiga poin (berlaku kelipatan), sedangkan pengguna Simpati, Kartu As, dan Loop akan mendapatkan satu poin setiap pembayaran Rp 5.000.

Poin ini nantinya dapat ditukarkan dengan SMS Telkomsel, paket telpon dan internet. Ada pula paket produk digital seperti nada dering, konten dan gim. Serta berbagai produk dan diskon merchant yang berpartisipasi.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, keluhan kehilangan Poin pelanggan Telkomsel sudah ada sejak Jumat (14/9). Mereka menulis keluhannya melalui akun resmi di Twitter @Telkomsel disertai dengan bukti capture yang menunjukkan jumlah poin nol mereka.

"Ada apa di aplikasi My telkomsel? Kok poin saya jadi nol," tulis akun @agus_amirsyah pada Jumat (14/9).

Pada hari yang sama, pemilik akun @MtcHarry menuliskan keluhannya dengan menautkan akun resmi Telkomsel. "Hi kak @Telkomsel Akunya tuh bingung. Kemaren ada poin 823. Tapi pagi tadi kok jadi 0 yah? Padahal kemaren tuker poin receh2 semua cuma 10 poin," tulisnya.

Beberapa keluhan tersebut juga dibalas pihak Telkomsel yang meminta para pelanggan mengirimi data diri melalui pesan pribadi ke @Telkomsel seperti yang ditujukan ke Nina dan Fransisca. Akan tetapi, Republika.co.id belum mendapatkan informasi dan alasan dari pihak Telkomsel atas kehilangan poin yang dialami para pelanggannya.

Sejak berita ini diturunkan, Republika.co.id belum mendapatkan jawaban dari pihak Telkomsel mengenai kejadian ini. Republika.co.id masih berusaha menghubungi pihak Telkomsel untuk mendapatkan konfirmasi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement