Rabu 12 Sep 2018 19:49 WIB

Ini Alasan Rini Mengganti Sejumlah Dirut BUMN

Pergantian untuk menghadapi tantangan perusahaan ke depan.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.
Foto: Republika/Rahayu Subekti
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menjelaskan alasan di balik sejumlah pergantian direktur utama BUMN baru-baru ini. Menurut Rini, pergantian itu adalah hal yang lumrah.

"Ya, biasa itu putaran saja," kata Rini, di Jakarta, Rabu (12/9).

Lebih lanjut Rini menjelaskan, pergantian direktur utama selalu melihat sesuai kebutuhan serta kemampuan dari individu sendiri. Dengan begitu, alasan pergantian antarjajaran direktur di perusahaan BUMN lebih pada kebutuhan dalam menghadapi tantangan terhadap BUMN ke depan.

Baca juga, Ini Sosok Dirut Garuda Indonesia yang Baru.

"Misalnya, Garuda Indonesia. Di Garuda kita butuhkan eskpertis yang bagaimana. Jadi, itu semua kita analisa secara total. Tujuannya untuk tingkatkan kinerja BUMN, kerja lebih erat antara dewan komisaris dan direksi," ujar Rini.

Nama yang muncul menggantikan Pahala N Mansury (direktur utama Garuda Indonesia) adalah Direktur Utama PT Pelindo III I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau akrab disapa Ari Askhara yang juga mantan direktur keuangan Garuda Indonesia.

Baca juga, Nicke Resmi Jadi Dirut Pertamina. 

Sebelumnya, mantan direktur Pertamina Gigih Prakoso Soewarto kini juga menjabat sebagai direktur utama PT Perusahaan Gas Negara (PGN) yang baru.

Melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPS-LB), Gigih Prakoso yang sebelumnya menjabat sebagai direktur manajemen investasi dan risiko PT Pertamina (Persero) sejak bulan Agustus 2017 didapuk menggantikan Jobi Triananda Hasjim selaku direktur utama PGN sebelumnya.

Pada Agustus lalu, Nicke Widyawati juga secara resmi menjadi direktur utama Pertamina yang baru.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement