Rabu 29 Aug 2018 16:34 WIB

Pelindo III Siap Produksi Peti Kemas Mini

MiniCon merupakan inovasi Pelindo III sebagai solusi industri layanan logistik

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
Kapal tunda melintas dengan latar belakang proses bongkar muat peti kemas / Ilustrasi
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Kapal tunda melintas dengan latar belakang proses bongkar muat peti kemas / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pelindo III siap memproduksi MiniCon atau peti kemas mini. Engineering and ICT Director, Pelindo III, Husein Latief meyakini, inovasi logistik yanh diciptakannya tersebut lebih praktis karena dapat dilipat dan berukuran sepertiga lebih kecil. Artinya, tiga MiniCon nantinya dapat dimuat sekaligus ke dalam satu peti kemas ukuran 20 TEUs.

Husein menjelaskan, MiniCon merupakan inovasi Pelindo III sebagai solusi atas permasalahan real di lapangan pada industri layanan logistik di Tanah Air. Pelindo III melalui anak usahanya, PT Pelindo Marine Service (PMS) melakukan sinergi BUMN dengan menggandeng Semen Indonesia Logistik (Silog) yang sudah berpengalaman di bidang fabrikasi baja.

"Harus kita dorong, ini saatnya. Kapan lagi ada peti kemas Merah Putih?" kata Husein Latief di Surabaya, Rabu (29/8).

Husein melanjutkan, MiniCon dalam peti kemas dapat dibongkar langsung saat mencapai distribution center sehingga bisa langsung diangkut ke truk. Kemudahan tersebut mampu menghapus biaya pekerja dan handling di gudang lokal.

"Maka diharapkan, pada skenario terbaik proses distribusi bisa lebih cepat 2 sampai 3 hari, sehingga pengiriman door to door juga lebih cepat. Biaya logistik pun lebih efisien di daerah-daerah yang cocok mengimplementasikan MiniCon," ujar Husein.

Direktur Keuangan Silog, Retno Sulistyowati mengapresiasi kepercayaan yang diberikan pada Silog untuk produksi inovasi Pelindo III tersebut. Ia mengungkapkan, produksi MiniCon merupakan kerja sama kedua di antara Pelindo III dan Silog yang sebelumnya juga sudah terjalin di bidang angkutan.

"Kami beharap ada kerja sama selanjutnya, Silog siap di bidang forwarding, pelayaran, dan distribusi semen. Semoga sinergi BUMN ini bermanfaat bagi bangsa," ujar Retno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement