Jumat 17 Aug 2018 15:21 WIB

Pupuk Indonesia Rayakan Kemerdekaan di Tapal Batas

Kegiatan ini diadakan guna mendorong perekonomian daerah.

Rep: Friska Yolandha/ Red: Gita Amanda
Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat memimpin upacara bendera di Lapangan Aji Kuning, Pulau Sebatik, Kalimantan Utara, Jumat (17/8).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat memimpin upacara bendera di Lapangan Aji Kuning, Pulau Sebatik, Kalimantan Utara, Jumat (17/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pupuk Indonesia menyerahkan bantuan kepada masyarakat Pulau Sebatik, Kalimantan Utara pada Jumat (17/8). Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis pada upacara dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di pulau perbatasan Indonesia-Malaysia tersebut.

Bantuan yang diberikan berupa renovasi sekolah, bantuan buku dan tempat sampah dengan total Rp 325 juta. Rinciannya, bantuan buku dan taman bacaan untuk SMA Negeri 1 Sebatik Tengah senilai Rp 80 juta, bantuan tempat sampah senilai Rp 25 juta, dan renovasi Sekolah Dasar (SD) 005 Kecamatan Sebatik Tengah senilai Rp 220 juta.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Aas Asikin Idat mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk penugasan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN). "Kegiatan yang diselenggarakan di seluruh Indonesia ini diadakan guna memajukan perekonomian daerah, meningkatkan kesejahteraan Masyarakat serta menunjukan bahwa BUMN hadir dalam segala aspek kehidupan masyarakat," kata Aas.

photo
Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat menyerahkan bantuan kepada perwakilan pihak sekolah seusai memimpin upacara bendera dalam rangka Upacara HUT Kemerdekaan Ke-73 Republik Indonesia di Lapangan Aji Kuning, Pulau Sebatik, Kalimantan Utara, Jumat (17/8).

Upacara peringatan HUT RI ke-73 di Pulau Sebatik tersebut dihadiri oleh jajaran direksi PT Pupuk Indonesia (Persero), jajaran direksi PT Pupuk Kalimantan Timur, dan masyarakat serta pelajar Pulau Sebatik.  Turut hadir pula Dandim dan Tim KSPP I Kementerian BUMN.

Pupuk Indonesia juga mengadakan kegiatan jalan sehat 5K, Pameran UMKM, dan berbagai lomba rakyat yang menghadirkan konser musik dan kuliner gratis. Menurut Aas, program BUMN Hadir Untuk Negeri ini sangatlah positif dan ia berharap untuk dapat terus berlanjut karena manfaatnya yang bisa dirasakan masyarakat secara langsung.

"Sebagai BUMN, peran kami tidak saja hanya mencari keuntungan yang sebesar-besarnya tapi juga untuk membangun negeri dan mensejahterakan masyarakat," katanya.

Dalam penugasannya untuk program BUMN Hadir untuk Negeri, Pupuk Indonesia telah melaksanakan berbagai program. Meliputi program mudik gratis yang telah dilaksanakan pada Lebaran lalu, Peringatan HUT Kemerdekaan RI di wilayah terluar, terdepan, tertinggal, dan BUMN Hadir di Kampus yang akan dilaksanakan pada Oktober, serta konservasi badak.

Pupuk Indonesia juga mengadakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dengan mengirimkan 23 siswa berprestasi dari DKI Jakarta ke Kalimantan Utara. Mereka mempelajari budaya dan mengenal keberagaman Nusantara melalui berbagai kunjungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement