Sabtu 11 Aug 2018 11:55 WIB

Pemerintah akan Lelang Tiga Wilayah Kerja Migas

Tiga WK masa kontraknya akan habis pada 2021 mendatang.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Dwi Murdaningsih
Wakil Menteri ESDM- Arcandra Tahar
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Wakil Menteri ESDM- Arcandra Tahar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar mengatakan ada tiga Wilayah Kerja (WK) Migas yang masa kontraknya akan habis pada 2021 mendatang. Tiga WK tersebut rencananya akan dilelang oleh pemerintah pada pekan depan.

Tiga WK Migas tersebut antara lain, Blok Makasar Strait, Blok South Jambi B, dan Blok Selat Panjang. Tiga blok ini rencananya akan masuk dalam lelang tahap III tahun ini.

"Kita akan lelang tiga blok tersebut pada pekan depan," ujar Arcandra di Kantor ESDM, Jumat (10/8).

Blok Makasar Strait merupakan Blok yang masuk dalam daftar Indonesian Deepwater Development (IDD). Blok yang sebelumnya bergabung menjadi satu paket bersama Blok Ganal dan Blok Rapak ini akhirnya diputuskan oleh pemerintah dilepas dari grup IDD. Hal ini diputuskan sebab nilai ekonomis dari Blok ini lebih baik jika berdiri sendiri.

Sedangkan Blok Selat Panjang merupakan Blok yang sebenarnya merupakan blok yang dioperatori oleh Petroselat. Sayangnya, perusahaan ini mengalami pailit. Akhirnya, pemerintah akan melelang Blok ini untuk bisa menjaga produksi.

Untuk Blok South Jambi B sendiri sebelumnya, pemerintah telah memberikan hak kelola Blok ini kepada PetroChina. Sayangnya, PetroChina mengatakan tidak berminat tanpa alasan. Sedangkan kontraktor existing, ConocoPhilips dan Pertamina Hulu Energi enggan mengajukan proposal perpanjangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement