Rabu 01 Aug 2018 08:44 WIB

Masuk Musim Panen, KKP Jaga Harga Garam

Total produksi garam di dalam negeri mencapai 88 ribu ton

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Petani garam di Cirebon
Foto: Aditya Pradana Putra/DOKREP
Petani garam di Cirebon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terhitung hingga bulan Juli pekan keempat total garam yang diproduksi di Indonesia mencapai 88 ribu ton. Jumlah tersebut berasal dari 21 tambak garam binaan KKP 69 ribu ton dan produksi PT Garam sebesar 19 ribu ton.

Menurut Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Bramantyo, mengatakan garam yang dihasilkan oleh petambak difokuskan untuk memenuhi kebutuhan garam konsumsi. “Total tambak binaan KKP ada 21 lokasi yang tersebar di Indonesia. Tapi mayoritas ada di Madura, Gresik, NTT. Semua dikelola dalam mekanisme koperasi. Meski ini fokus untuk garam konsumsi, kemarin ada juga industri yang serap,” ujar Bramantyo, Selasa (31/7).

Ia menambahkan, untuk mengantisipasi garam tidak jatuh pada musim panen, KKP telah menyiapkan program resi bank bagi petambak yang mau menyimpan garam di gudang yang disediakan. Resi Bank ini nantinya dapat ditukar ke bank rekanan untuk mendapatkan modal produksi. Dengan program resi bank ini diharapkan para petambak tidak perlu lagi khawatir dengan harga garam.

“Jadi harga gak jatuh. Kemarin sempat ada kabar harga anjlok dari Rp 8.000 ke Rp 2.000, karena pas lagi musim panen yang keluar banyak sekali. Ketika demand gak banyak harga jadi gak karuan,”imbuhnya.

Sementara itu, menurut ketua Asosiasi Industri Pengguna Garam Indonesia, Toni Tanduk, sebagian garam lokal hasil panen dari petambak yang sedang berlangsung saat ini dapat diserap oleh sektor industri yang tidak memerlukan spesifikasi tinggi.

“Penyerapan garam lokal sedang berjalan, dan mungkin panen puncak pada akhir September hingga awal Oktober 2018. Total penyerapan berkisar 110 ribu ton,” ujar Toni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement