Selasa 31 Jul 2018 06:16 WIB

Bendungan Tanju Diharapkan Dongkrak Produksi Pertanian

Bendungan ini juga diharapkan menjadi lokasi konservasi alam.

Rep: Dessy Suciati/ Red: Friska Yolanda
Kekeringan
Foto: Antara
Kekeringan

REPUBLIKA.CO.ID, DOMPU -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Bendungan Tanju di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bupati Dompu H Bambang M Yasin berharap bendungan Tanju ini dapat meningkatkan produksi pertanian warga sekitar. 

"Jadi daerah yang kering kerontang ini akan menjadi daerah yang basah, yang bisa diupayakan pertanian oleh masyarakat kita tiap tahun karena ada air yang tersedia di sekitar lokasi ini," kata Bambang di Kabupaten Dompu, Selasa (31/7). 

Ia menargetkan, volume produksi pertanian dapat meningkat hingga tiga kali lipat setelah mendapatkan irigasi yang baik dari bendungan ini. 

Saat ini, Kabupaten Dompu berhasil memproduksi jagung hingga 800 ribu ton per tahun. Bahkan, Dompu juga mengekspor komoditas jagung ke Filipina lantaran volume produksi yang meningkat dalam tiga tahun terakhir. 

"Itu yang membuat ekonomi Dompu lumayan bagus, penurunan kemiskinan," kata dia. 

Selain berfungsi sebagai irigasi lahan pertanian, bendungan ini juga diharapkan menjadi lokasi konservasi alam serta lokasi wisata. Salah satu yang akan dikembangkan yakni olahraga air. 

"Ya dengan fasilitas air ini kami berharap masyarakat Dompu-NTB bisa memiliki atlet-atlet olahraga air yang luar biasa handal baik di Indonesia maupun dunia," tambahnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement