Kamis 05 Jul 2018 07:53 WIB

Cina: Kami tidak akan Memberikan Tembakan Pertama ke AS

AS sedang melancarkan perang dagang dengan Cina dan negara Uni Eropa

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Nidia Zuraya
Perang dagang AS dengan Cina
Foto: republika
Perang dagang AS dengan Cina

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Cina tidak akan meluncurkan tembakan pertama dalam perang dagang dengan Amerika Serikat (AS) termasuk menjadi yang pertama untuk mengenakan tarif. Hal tersebut disampaikan Kementerian Keuangan Cina, Rabu (3/7) waktu setempat.

Sebelumnya, seseorang yang mengetahui rencana tersebut mengatakan, tarif impor yang mengancam Cina sebesar 34 miliar dolar AS akan berlaku sejak awal Jumat (6/7). Dengan adanya perbedaan waktu 12 jam, itu akan menempatkan implementasinya lebih dulu dari AS.

Namun Kementerian Keuangan  mengeluarkan klarifikasi singkat sebagai tanggapan. "Posisi pemerintah Cina telah dinyatakan berkali-kali. Kami benar-benar tidak akan menembakkan tembakan pertama dan tidak akan menerapkan langkah-langkah tarif sebelum Amerika Serikat melakukannya," katanya tanpa ada rincian lebih lanjut.

Pemerintah AS telah mengatakan akan menerapkan tarif sebesar 34 miliar dolar AS untuk impor Cina mulai 6 Juli besok. Pemerintah Cina juga telah bersumpah untuk membalasnya pada hari yang sama.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement