Senin 28 May 2018 01:07 WIB

Pegadaian Prediksi Tebus Barang Meningkat

Barang yang paling banyak ditebus adalah perhiasan.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Friska Yolanda
Pegadaian
Pegadaian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pegadaian mengaku siap melayani nasabah untuk melakukan tebus barang. Diperkirakan, tebus barang akan meningkat pada Lebaran tahun ini. 

Direktur Utama PT Pegadaian Sunarso mengatakan, setiap menjelang Lebaran, lebih banyak masyarakat menebus barang daripada menggadaikan barang. Tebus barang gadai tahun ini kemungkinan akan meningkat didorong oleh cairnya THR (Tunjangan Hari Raya) dan gaji ke-13 aparatur sipil negara (ASN) dan pensiunan yang berlaku pada 2018. "Sehingga, mereka akan mengambil kembali barang gadainya untuk digunakan pada Lebaran mendatang," tuturnya melalui siaran pers, Ahad (27/5).

Barang gadai terbanyak yang ditebus menjelang Lebaran biasanya masih didominasi oleh perhiasan emas dengan kisaran 90 persen dari seluruh barang tebusan. Sedangkan, proporsi antara tebus serta gadai barang masing-masing sekitar 70 persen dan 30 persen.

Sunarso menambahkan, masyarakat yang menggadaikan barang jelang Lebaran biasanya untuk keperluan berlebaran di luar kota. "Banyak barang pribadi seperti kendaraan, emas dan barang elektronik digadaikan untuk pembiayaan Lebaran, sekaligus lebih aman dari pada dibiarkan di rumah kosong," katanya. 

Demi memberikan rasa aman, Sunarso menegaskan, semua outlet Pegadaian dijaga selama 24 jam oleh petugas keamanan. Selain itu, semua outlet Pegadaian pun dilengkapi oleh kamera keamanan atau CCTV.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement