Selasa 15 May 2018 12:18 WIB

Pertamina Jamin Pasokan BBM Saat Puasa dan Mudik Aman

Kenaikan permintaan diperkirakan sekitar 8,35 persen.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Teguh Firmansyah
Kendaraan mengisi bahan bakar minyak di SPBU, Jakarta (Ilustrasi).
Foto: Republika/ Wihdan
Kendaraan mengisi bahan bakar minyak di SPBU, Jakarta (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertamina Marketing Operation Region III menjamin kecukupan BBM dan LPG di Provinsi Banten selama Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H. Meskipun memperkirakan adanya kenaikan permintaan, namun Pertamina telah mengantisipasinya dengan sejumlah strategi.

Menurut Unit Manager Communication & CSR MOR III Dian Hapsari Firasati, kenaikan permintaan BBM saat normal dibandingkan pada masa satgas (H-15 hingga H+15 Idul Fitri 1439 H) 2018 diperkirakan sekitar 8,35 persen. " Ini untuk BBM jenis gasoline seperti Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo," ujarnya kemarin. 

 

Sementara untuk jenis Gasoil seperti Solar, Biosolar, Dexlite dan Pertamina Dex diprediksi mengalami penurunan sekitar 3,79 persen. Adapun untuk produk LPG di wilayah Banten diperkirakan akan mengalami kenaikan permintaan dibandingkan konsumsi normal 2018 yaitu sebesar 7,4 persen LPG 3 Kg dan kenaikan permintaan LPG Non PSO seperti Bright Gas 5,5 Kg, Bright Gas 12 Kg dan Elpiji 12 kg diperkirakan akan naik sebesar 7,9 persen.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Pertamina telah melakukan penambahan stok. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, pasokannya akan cukup. "Khusus, produk gasoil (Solar, Dexlite dan Pertamina Dex) biasanya mengalami penurunan selama masa satgas Idul Fitri karena adanya aturan yang membatasi waktu keluarnya kendaraan angkut besar di jalur tol," ujarnya.

Selain menambah pasokan, Pertamina juga berkordinasi dengan pihak kepolisian dan dinas perhubungan untuk mengantisipasi jalur atau titik kemacetan di jalan raya. Hal ini penting sehingga Pertamina dapat mempersiapkan jalur alternatif untuk distribusi BBM ke SPBU dengan mobil tangki.

Selama menjalani masa mudik, Pertamina juga mengimbau kepada masyarakat agar mengisi kendaraannya hingga penuh sebelum melakukan perjalanan mudik. Selain itu, segera melakukan pengisian kembali begitu indikator BBM menunjukkan angka setengah. Hal ini membuat perjalanan menjadi lebih menenangkan.

 

Di sisi lain, Pertamina juga memastikan SPBU memberikan pelayanan yang prima untuk semua produk termasuk Premium. Hingga kini ada sekitar 103 SPBU yang menyediakan Premium di Provinsi Banten.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement