Sabtu 12 May 2018 06:31 WIB

Luhut: Eropa Pertimbangkan Ulang Pembatasan CPO Indonesia

Keputusan Eropa dibuat tanpa memperhitungkan seperti apa kondisi Indonesia saat ini.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Andi Nur Aminah
Luhut Panjaitan.
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Luhut Panjaitan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pihaknya sudah berbicara dengan pihak Uni Eropa terkait rencana penghentian ekspor kelapa sawit Indonesia. Luhut mengatakan, setelah pembicaraan tersebut, pihak Eropa kemudian akan mempertimbangkan ulang rencana perberhentian ekspor ini.

Luhut menjelaskan, dia sudah menegaskan kepada Eropa bahwa rencana penghentian ini akan berdampak banyak kepada perekonomian Indonesia. Setelah dijelaskan, Luhut mengatakan, keputusan Eropa memang dibuat tanpa memperhitungkan seperti apa kondisi Indonesia saat ini.

"Mereka tidak paham soal seberapa besarnya Indonesia. Saya jelaskan ke mereka soal kondisi kita. Kelapa sawit itu di Sumatra dan Kalimantan. Saya bilang, kemiskinan bisa terjadi di Sumatra dan Kalimantan kalau kalian banned kita," ujar Luhut di Kantornya, Jumat (11/5).

Luhut juga menjelaskan, saat ini posisi perekonomian Indonesia sudah jauh lebih baik. Selain itu, perbaikan ekonomi yang ada saat ini dilakukan oleh banyak hal. Hal ini membuat seharusnya Eropa melihat ini secara general.

"2045 kami sudah bisa lebih baik loh ekonomi kami. Jadi, UE silakan buat kebijakan, tapi datang dong ke Indonesia, liat kita. Kita punya power kok untuk bisa bikin mereka repot. We are not begging you," ujar Luhut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement