Sabtu 05 May 2018 01:27 WIB

Pendapatan Alibaba Naik 61 Persen

Alibaba juga melaporkan penjualan dan laba kuartal keempat yang melampaui estimasi.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Andi Nur Aminah
Ali Babaj
Foto: BBC
Ali Babaj

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI -- Alibaba Group Holding Ltd memprediksi akselerasi penjualan pada kuartal I 2018. Perusahaan mengharapkan pendapatan melonjak 60 persen pada periode yang berakhir Maret 2018, didorong oleh pembelian startup pengiriman makanan Ele.me dan bisnis transportasi Cainiao. Bahkan tanpa akuisisi itu, Alibaba melihat penjualan naik 50 persen, di depan 42 persen yang diproyeksikan oleh para analis.

Pendiri Alibaba, Jack Ma telah menyepakati mengambil perusahaan yang berbasis di Hangzhou ke lebih banyak bisnis offline, memberikan bisnis logistik, rantai pasokan supermarket dan armada kurir. Meskipun hal itu membantu membuat Alibaba tidak terlalu bergantung pada pasar online Cina yang menghasilkan sebagian besar penjualannya, namun telah meningkatkan biaya.

Marjin operasinya menyusut 10 poin persentase pada kuartal pertama 2018. Pada Jumat (4/5), para eksekutif menekankan mereka akan terus membelanjakan untuk menumbuhkan pangsa pasar dan tetap mendorong pertumbuhan secara potensial dengan mengorbankan profitabilitas.

"Hasilnya sangat kuat, itu jauh lebih baik daripada yang orang harapkan. Orang-orang mungkin kurang peduli tentang kompresi margin sekarang karena bimbingan top-line Alibaba yang lebih baik dari perkiraan," kata Julia Pan, analis yang berbasis di Shanghai di UOB Kay Hian, seperti dikutip dari Bloomberg, Sabtu (5/5).

Saham yang diperdagangkan di AS naik 1,7 persen menjadi 185,55 dolar AS pada pukul 11.43 pagi waktu New York. Alibaba juga melaporkan penjualan dan laba kuartal keempat yang melampaui estimasi. Pendapatan naik 61 persen menjadi 61,9 miliar yuan (atau setara 9,7 miliar dolar AS) dalam tiga bulan yang berakhir Maret, dibandingkan dengan estimasi rata-rata 59 miliar yuan. Penghasilan bersih turun 29 persen karena belanja membengkak.

"Struktur marjin benar-benar berbeda, kualitas pendapatannya menurun. Dan bisnis intinya mengalami perlambatan," kata Steven Zhu, analis Pacific Epoch.

Pada kuartal Maret 2018, penjualan dari perdagangan inti naik 62 persen menjadi 51,3 miliar yuan. Sementara pendapatan unit cloud naik lebih dari dua kali lipat menjadi 4,4 miliar yuan. Media digital dan unit hiburan meningkatkan penjualan 34 persen menjadi 5,3 miliar yuan.

"Ritel Baru, Cainiao, Lazada, Ele.me, kami akan terus memperluas bisnis kami dengan berinvestasi. Dengan adanya tendangan ritel baru ini dan menjadi lebih penting, struktur marjin kami dapat bergeser," kata Chief Financial Officer Maggie Wu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement