Jumat 04 May 2018 00:18 WIB

Dirut Bank BJB Raih TOP CEO BUMD

Bank BJB dinilai berhasil kembangkan bisnis korporasi dan ekonomi Indonesia

Dirut Bank BJB Ahmad Irfan (kanan) menerima penghargaan sebagai TOP CEO BUMD dalam ajang TOP BUMD di ballroom Balai Kartini, Jakarta, Kamis (3/5)
Foto: Istimewa
Dirut Bank BJB Ahmad Irfan (kanan) menerima penghargaan sebagai TOP CEO BUMD dalam ajang TOP BUMD di ballroom Balai Kartini, Jakarta, Kamis (3/5)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank BJB berhasil meraih prestasi tertinggi dalam penganugerahan TOP BUMD yang berlangsung di Ballroom Balai Kartini, Jakarta, Kamis (3/5). TOP BUMD merupakan acara penganugerahan terhadap BUMD yang dinilai berhasil meningkatkan kinerja keuangan dan bisnisnya, serta pelayanan kepada customer dan masyarakat umum.

TOP BUMD juga menganugerahi kepada BUMD yang sukses meningkatkan kontribusi terhadap pengembangan bisnis dan investasi di daerahnya, serta turut berperan dalam menggerakkan roda perekonomian di Indonesia.

Sejumlah anugerah yang diraih Bank BJB dalam ajang TOP BUMD, yakni TOP BPD 2018, TOP BUMD 2018, serta TOP CEO BUMD 2018 yang dimenangi oleh Ahmad Irfan selaku Dirut Bank BJB. Begitu juga Gubernur Jabar Ahmad Heryawan selaku stakeholder Bank BJB dinobatkan sebagai pemenang TOP Pembina BUMD 2018.

TOP BUMD merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Majalah Business News Indonesia bekerjasama dengan Asia Business Research Center beserta beberapa asosiasi bisnis dan ekonomi, serta didukung oleh Kementerian Dalam Negeri RI. Untuk mengikuti TOP BUMD, peserta diminta mengikuti proses penilaian dan penjurian secara objektif, fair, dan independen. Senior Vice President Divisi Corporate Secretary Bank BJB Hakim Putratama menilai, penghargaan TOP BUMD merupakan ajang paling kredibel di Indonesia.

Kata dia, proses penilaiannya sangat objektif dan komprehensif karena dilengkapi kuesioner dan pendalaman melalui wawancara penjurian. Hakim menjelaskan, TOP BUMD merupakan kegiatan penghargaan BUMD yang terbesar di Indonesia. Sedikitnya ada 2.000 BUMD yang diseleksi. Ribuan BUMD itu disaring menjadi 200 BUMD terbaik, dan diseleksi lagi untuk menjadi pemenang .

Penghargaan dalam kategori-kategori tersebut, sambung Hakim, merupakan sebuah kado yang indah, karena tepat bulan ini Bank BJB memasuki usia ke-57 tahun, yang jatuh pada 20 Mei 2018.

Menurut Hakim, penghargaan itupun merupakan bentuk eksistensi Bank BJB sebagai BPD yang sudah menasional dan bersaing dengan perbankan nasional lain. Saat ini, imbuh dia, Bank BJB berada di peringkat 12 dari 115 bank di seluruh Indonesia. "Semoga penghargaan yang diberikan ini menjadi Tandamata Untuk Neger,i yang selaras dengan tagline Bank BJB, yaitu Membangun Indonesia, Memahami Negeri,'' ujar Hakim, Kamis (3/5).

Masih dikatakan Hakim, mengawali triwulan I tahun 2018, Bank BJB berhasil membukukan total aset sebesar Rp 110,8 triliun atau tumbuh 13 persen year on year (yoy). Sementara total laba bersih mencapai Rp 454 miliar, yang didorong dari hasil ekspansi kredit yang tumbuh sebesar 13,2 persen yoy, dengan total kredit yang disalurkan sebesar Rp 71 triliun.

Begitu juga fee based income Bank BJB naik 54,3 persen yoy, dan dana pihak ketiga (DPK) tercatat sebesar Rp 87 triliun atau tumbuh 11,3 persen yoy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement