Sabtu 28 Apr 2018 12:00 WIB

Mandiri Syariah Berangkatkan Umrah 50 Marbot Masjid

Saat ini BSM memiliki sekitar 400 masjid binaan yang berlokasi di sekitar kantor BSM.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Andi Nur Aminah
Pembiayaan BSM. Petugas melayani transaksi nasabah di kantor layanan Bank Mandiri Syariah, Jakarta, Senin (12/3).
Foto: Republika/ Wihdan
Pembiayaan BSM. Petugas melayani transaksi nasabah di kantor layanan Bank Mandiri Syariah, Jakarta, Senin (12/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) memberangkatkan 50 orang marbot masjid binaan program BSM Mengalirkan Berkah. Pemberangkatan umrah marbot secara serentak dilakukan di Jakarta, Jumat (27/4).

Para marbot masjid tersebut secara resmi dilepas oleh Direktur Risk Management and Compliance Putu Rahwidhiyasa dan Dewan Pengawas Syariah Mohammad Hidayat. Putu Rahwidhiyasa mengatakan program tersebut merupakan implementasi BSM Mengalirkan Berkah. "Alhamdullilah, atas kontribusi nasabah Mandiri Syariah, 50 marbot dari seluruh Indonesia bisa berumrah. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas loyalitas dan peran serta nasabah dalam program ini," kata Putu seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Sabtu (28/4).

Putu menjelaskan, pemilihan marbot berdasar rekomendasi Kantor Area, Region dan Direksi Mandiri Syariah. Kriteranya antara lain, belum pernah berhaji/umrah, minimal satu tahun telah bekerja di masjid binaan Mandiri Syariah dan diutamakan tidak memiliki penghasilan tetap di luar gaji marbot.

Setiap Kantor Area dan Region berhak memilih satu marbot masjid dari lokasi sekitar operasional kantor. Jumlah marbot tergantung pada kinerja setiap wilayah operasional. Pemberangkatan marbot berkoordinasi dengan Lembaga Zakat (Laznas) BSM Umat.

Putu menambahkan, saat ini Mandiri Syariah memiliki sekitar 400 masjid binaan yang berlokasi di sekitar kantor cabang BSM. "Mereka para marbot sehari-hari mengabdikan hidupnya di masjid namun belum pernah ke Baitullah," ujar Putu.

Menurut Putu, program tersebut menjadi salah satu bentuk kontribusi Mandiri Syariah kepada masyarakat setempat. Salah satu upaya memakmurkan masjid dengan memberikan kesempatan kepada marbotnya untuk beribadah umrah. "Kami bertekad di mana ada Kantor Mandiri Syariah, di situ pula masjidnya makmur dan terawat dan marbotnya juga sejahtera," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Laznas BSM Umat, Rizqi Okto, menambahkan selain memberangkatkan, Mandiri Syariah bersama Laznas BSM Umat juga membiayai perjalanan dari kediaman ke Jakarta, pengurusan paspor, visa, imunisasi meningitis dan uang saku masing-masing marbot.

"Kami sangat mengapresiasi mereka yang telah mendedikasikan waktu, tenaga dan bahkan hidupnya untuk kemakmuran masjid," ucap Rizqi Rizqi berpesan kepada para marbot agar terus mendoakan keberkahan bagi Mandiri Syariah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement