Rabu 25 Apr 2018 12:06 WIB

Kodim Aceh Utara Bantu Serap Gabah Petani 10,7 Ton Gabah

Ini salah satu upaya mendukung program pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan.

Pekerja mengemas beras hasil pembelian dari petani di Gudang Bulog  (ilustrasi)
Foto: Asep Fathulrahman/Antara
Pekerja mengemas beras hasil pembelian dari petani di Gudang Bulog (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LHOKSEUMAWE -- Kodim 0103 Aceh Utara, Provinsi Aceh, berhasil menyerap gabah petani (sergap) di wilayah Kecamatan Kuta Makmur dan Kecamatan Bandar Baro, Kabupaten Aceh Utara, sebanyak 10,7 ton. Komandan Kodim 0103 Aceh Utara Letkol Kav Fadjar Wahyu Broto melalui Danramil Kuta Makmur Kapten Inf Samsul di Lhokseumawe, Rabu (25/4) mengatakan, Sergap yang dilakukan pada Selasa (24/4) secara tidak langsung telah menjamin stok gabah di Bulog dan menstabilkan harga.

"Sergap tak hanya memastikan stabilitas harga pembelian gabah dan menjamin stok Bulog, akan tetapi yang terpenting justru memotong rantai pasokan gabah. Karena selama ini, disparitas harga beras ditengarai berasal dari panjangnya rantai pasokan dari gabah petani hingga beras sampai ke tangan konsumen," ungkap Kapten Inf Samsul.

Dia menambahkan, selain itu dengan kegiatan Sergap dimaksud, merupakan sebagai salah satu upaya mendukung program pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan. Sementara itu, Kasi Pengadaan dan Pelayanan publik Bulog Lhokseumawe Zulkifli menambahkan, tujuan dari pelaksanaan Sergap, adalah untuk membantu petani dalam menjual hasil panennya agar tidak dibeli oleh para tengkulak dan menambah stok gabah Bulog. "Dengan dibelinya gabah petani oleh Bulog diharapkan petani tidak terjebak dalam permainan harga," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, melalui Sergap secara tidak langsung petani ikut berperan dalam menciptakan ketahanan pangan di daerah karena hasil panen mereka tidak dijual kepada pembeli yang kemungkinan berasal dari luar daerah.

Adapun hasil serapan gabah petani di wilayah Kecamatan Kuta Makmur sebanyak 10,7 ton gabah dan sudah di antar ke gudang penggilingan Bulog. Turut hadir dalam kegiatan Sergab di antaranya Pabung Kodim 0103/Aut Mayor Cba Jumiin, Bapak Zulkifli Manager UPGP Bulog Lhokseumawe dan Akrabuddin, mantri tani, Ketua PPL, geuchik (kepala desa) dan para Babinsa setempat.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement