Rabu 25 Apr 2018 09:17 WIB

Sulut Ekspor Rumah Pangung ke Maldives

Tiga unit rumah panggung menghasilkan devisa bagi negara sebesar 5.252 dolar AS.

Rumah panggung woloan
Foto: inforumah.net
Rumah panggung woloan

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Provinsi Sulawesi Utara mengekspor tiga unit rumah panggung ke Maldives pada pekan keempat April 2018 untuk memenuhi permintaan konsumen negara itu. "Kali ini Sulut mengekspor tiga unit rumah panggung yang mampu menghasilkan devisa," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Jenny Karouw di Manado, Rabu (25/4).

Jenny mengatakan tiga unit rumah panggung tersebut mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 5.252 dolar Amerika Serikat. "Maldives biasanya membeli rumah panggung dalam ukuran kecil," katanya.

Rumah panggung yang diekspor ke Maldives terkadang modelnya sama dengan adat Minahasa, tetapi bisa menyesuaikan dengan adat masyarakat Maldives itu sendiri. "Biasanya pembeli asal Maldives membawa para tukang dari Sulut untuk membangunnya kembali di negaranya," jelasnya.

Ia menjelaskan ini merupakan pasar yang potensial. Jenny berharap peluang ini mampu dimanfaatkan dengan baik oleh pengekspor Sulut, khususnya pengrajin rumah panggung di Tomohon.

Maldives adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri atas kumpulan suatu pulau koral yang mengelilingi sebuah laguna di Samudra Hindia. Maldives terletak di sebelah selatan-barat daya India, sekitar 700 km sebelah barat daya Sri Lanka. Negara ini memiliki 26 atol yang terbagi menjadi 20 atol administratif dan satu kota.

Negara ini merupakan negara dengan populasi dan luas wilayah terkecil di kawasan Asia. Keadaan ekonomi Maldives bergantung pada dua sektor utama, yaitu pariwisata dan perikanan.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement