Selasa 24 Apr 2018 19:57 WIB

Teknologi Jadi Peluang UMKM Kembangkan Akses Pasar

Pertumbuhan bisnis digital RI dalam 10 tahun mencapai 17 persen

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha kecil Menengah (LLP-KUKM) Emilia Suhaimi pada acara gerakan “Ayo UMKM Jualan Online” dengan tagline #UMKM Pahlawan Ekonomi Indonesia” di Jakarta, Selasa (24/4)
Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha kecil Menengah (LLP-KUKM) Emilia Suhaimi pada acara gerakan “Ayo UMKM Jualan Online” dengan tagline #UMKM Pahlawan Ekonomi Indonesia” di Jakarta, Selasa (24/4)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ekonomi digital di tanah air yang sedang berkembang saat ini, memiliki potensi sebagai pasar online terbesar di Asia Tenggara. Hal ini merupakan  peluang bagi para pelaku UMKM untuk mulai berbisnis dan mengembangkan akses pasarnya melalui  pemanfaatan teknologi digital. 

Demikian dikatakan  Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha kecil Menengah (LLP-KUKM) Emilia Suhaimi yang  mewakili Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga  pada acara gerakan “Ayo UMKM Jualan Online” dengan tagline #UMKM Pahlawan Ekonomi Indonesia” di Jakarta, Selasa (24/4).

"Teknologi informasi dan komunikasi saat ini menjadi salah satu pilar kekuatan ekonomi global. Sektor UMKM di seluruh Indonesia harus memanfaatkan teknologi untuk memetik keuntungan dari transformasi digital,” imbuh Emilia berdasarkan rilis yang diterima Republika.co.id.

Emilia menyampaikan berdasarkan data BPS tahun 2016 pertumbuhan bisnis digital Indonesia dalam 10 tahun terakhir tumbuh sekitar 17 persen dengan total sekitar 26,2 juta pengusaha daring. Data  Social Research & Monitoring menunjukkan transaksi online mencapai 4.89 miliar dolar AS dari 8.7 juta online shopper

“Hal ini menunjukkan  terdapatnya peluang bagi pelaku start up UMKM dalam mengembangkan usahanya melalui bisnis online,” tandas Emilia.

 Emilia berharap melalui gerakan “Ayo UMKM Jualan Online” bisa menjadi gebrakan baru untuk meningkatkan UMKM dalam negeri  memperluas pasar melalui jualan online.

 Sesuai tagline #UMKM Pahlawan Ekonomi Indonesia", fokus pemasaran pelaku UMKM bisa mengarah kepada Go Global, Go Financial dan Go Digital. 

“Artinya, produk yang dijual oleh pelaku UKM sudah tidak lagi seperti dulu yang menggunakan sistem (door to door) tetapi juga menjual melalui digital agar cepat laku dan semakin dikenal oleh masyarakat luas,” katanya.

Tantangan selanjutnya adalah  bagaimana UMKM  mengembangkan bisnis berbasis digitalnya secara berkesinambungan agar dapat mandiri dan naik kelas  dan membuka lapangan pekerjaan baru ditengah perubahan yang berlangsung sangat cepat dan penuh ketidakpastian. 

“Saya berharap acara ini dapat mendorong tumbuhnya para pelaku UMKM digital di tanah air dan para pelaku UMKM siap  memasuki dunia digital yang sangat penting untuk mendukung usaha pemerintah dalam  menjadikan Indonesia Negara Digital se-ASEAN di  tahun 2020,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement