Ahad 22 Apr 2018 21:03 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Gresik Layani Tukar Sampah dengan Gula

Penukaran sampah dengan gula hanya berlangsung satu hari untuk memperingati hari bumi

Red: Nur Aini
 Sejumlah aktivis lingkungan hidup menggelar aksi peringatan Hari Bumi Internasional (ilustrasi).
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Sejumlah aktivis lingkungan hidup menggelar aksi peringatan Hari Bumi Internasional (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Kabupaten Gresik, Jatim melayani penukaran sampah plastik dengan 1 Kg gula pasir, dalam rangkaian peringkatan Hari Bumi di wilayah setempat.

Kepala Pjs BPJS Ketenagakerjaan Gresik, Darmawan Basuki mengatakan acara penukaran yang dilakukan di Gedung Wahana Ekspresi Pusponegoro itu merupakan bentuk komitmen BPJS Ketenagakerjaan Gresik untuk menanggulangi sampah plastik yang tidak dapat hancur ratusan tahun.

"Sampah-sampah yang terkumpul nantinya akan diolah oleh bank sampah, menjadi sesuatu yang bernilai bagi lingkungan," kata dia di Gresik, Ahad (22/4).

Kegiatan yang hanya berlangsung sehari itu dinamai "Tumpah Gula" atau Tukar Sampah dengan Gula diharapkan dapat mengubah pola pikir masyarakat dan mengenalkan sadar sampah sejak dini. Wakil Bupati Gresik, Muhammad Qosim mengaku sangat antusias dengan kegiatan tersebut, meski jumlahnya tidak banyak.

"Jumlah sampah yang terkumpul memang tidak biasa, karena memang yang paling penting saat ini adalah edukasi kepada masyarakat," kata Qosim.

Sementara, acara itu juga dipadukan dengan lomba menggambar dan mewarnai yang diikuti anak-anak. "Mari sayangi bumi dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan menanam pohon," kata Qosim.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement