Selasa 17 Apr 2018 14:40 WIB

Bank Citi Indonesia Turut Keluarkan Kartu Berlogo GPN

BI secara resmi akan meluncurkan kartu GPN pada akhir April 2018

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Teguh Firmansyah
Peresmian kartu Gerbang Pembayaran Nasional (ilustrasi).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Peresmian kartu Gerbang Pembayaran Nasional (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) menyatakan, semua bank di Indonesia harus meluncurkan kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Hal itu sesuai Peraturan Dewan Gubernur (PADG) Nomor 19/10/padg/2017.

Menanggapi hal itu, Bank Citi Indonesia menyatakan, sudah mengeluarkan kartu berlogo GPN. "Kita sudah keluarin, untuk informasinya tinggal cek ke website kita aja di www.citibank.co.id," ujar CEO Citi Indonesia Batara Sianturi kepada Republika.co.id, Selasa (17/4).

Meski begitu, Batara mengaku tidak bisa menyebutkan lebih detail mengenai targetnya. "Mungkin kita angkanya nggak dapat, tapi yang penting sudah kita luncurkan," tegasnya.

BI pun secara resmi akan meluncurkan kartu tersebut pada akhir April 2018. "Untuk April nanti kita sudah siap. Semua keterangan bisa dilihat di website kami sudah ada semua," tambah Batara.

BI menyatakan, konsumen serta perbankan akan mendapat banyak keuntungan dengan GPN. Keuntungannya meliputi biaya transaksi yang lebih murah dari sebelumnya yang menggunakan kartu pembayaran internasional berlogo Visa maupun MasterCard luar negeri.

Menurut BI GPN juga mempermudah aktivitas perbankan di seluruh daerah di Indonesia. Pasalnya, kartu berlogo GPN bisa digunakan di mesin EDC bersama.

Kini beberapa bank juga telah mengeluarkan kartu debit berlogo GPN. Di antaranya Bank Mandiri, Bank Central Asia (BCA), serta lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement